Wajib Coba! Berikut Khasiat Ginseng bagi Tubuh

by -82 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Ginseng sudah sangatlah banyak diketahui khasiatnya, namun tidak perlu repot untuk mendapatkannya, tanaman ini juga banya ditemui di tanah air.

Serperti contohnya ginseng jawa, biasanya dimanfaatkan untuk makanan, kesehatan, dan hiasan. Tumbuhan ini dapat tumbuh baik pada tanah yang keras dan cocok ditanam pada negara dengan iklim panas.

Secara botani, tanaman yang berasal dari Afrika ini memiliki tinggi 50 sentimeter dengan daun melingkar berwarna hijau cerah.

Dilansir dari Halodoc, berikut khasiat ginseng jawa bagi tubuh, antara lain:

1. Mengatasi infeksi paru-paru

Ginseng jawa diduga mampu mengatasi berbagai kondisi termasuk diare, enuresis (mengompol), menstruasi tidak teratur, meningkatkan energi, dan membersihkan paru-paru.

Bahkan, efektivitas tanaman ini yang paling terkenal adalah membantu mengobati penyakit paru-paru.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak hanya itu, manfaat ginseng jawa lainnya yaitu dijadikan sebagai ramuan obat untuk pengobatan infeksi kulit, gangguan reproduksi, serta meningkatkan daya tahan terhadap stres dan kelelahan.

3. Melancarkan ASI

Tanaman dengan rasa manis ini juga baik untuk pencernaan, memperlancar ASI, mengobati sakit kepala, radang paru-paru, haid tidak teratur, dan keputihan.

Tak ketinggalan, tanaman ini juga digunakan untuk menginduksi laktasi dan mengembalikan fungsi rahim pascapersalinan.

4. Meningkatkan nafsu makan

Sementara itu, jus yang didapat dari daun ginseng Jawa digunakan untuk mengobati bisul dan menambah nafsu makan.

Pemanfaatan daun ginseng Jawa secara topikal dimanfaatkan untuk mengobati edema dan luka goresan pada kulit.

5. Menambah energi

Akar dari tanaman ini dapat diberikan untuk meningkatkan energi setelah sakit, mengobati batuk, mengatur menstruasi, dan aliran urine.
Selain itu, rebusan akarnya digunakan untuk mengobati penyakit kudis, radang sendi, lambung, dan paru-paru.

6. Meningkatkan vitalitas

Popularitas dan manfaat ginseng jawa sebagai tanaman herbal diyakini dapat membantu meningkatkan vitalitas, mengobati diabetes, masalah kulit inflamasi, herpes, gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit dan mual.

Potensi berbagai manfaat ginseng jawa ini mungkin disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan dan senyawa yang terkandung di dalamnya.

Ini termasuk ginsenosides, asam fenol, flavonoid, saponin dan tanin.

7. Mencegah radikal bebas

Tak hanya itu, ginseng jawa juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, zat besi, mangan, dan seng yang dapat bertindak sebagai antioksidan eksogen, dan memainkan peran penting dalam mengurangi stres oksidatif serta kerusakan sel.

8. Menjadi bahan pangan yang menyehatkan

Selain baik untuk kesehatan, manfaat ginseng Jawa juga bisa menjadi bahan pangan.
Hampir semua bagian dari ginseng jawa dapat digunakan sebagai sayuran, tetapi bagian yang paling disukai adalah akar dan daunnya.

Daunnya bisa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk roti lapis. Bagian bijinya kecil tapi bergizi dan merupakan sumber minyak Omega-3 yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.