Tinjau Candi Prambanan, Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Pelestarian Cagar Budaya Bangsa

by -776 Views

KABARIBUKOTA.ID – Di sela kedatangannya ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadiri Resepsi Pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin meninjau Pemugaran Kompleks Candi Prambanan, Jl. Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Sleman, DIY, Minggu pagi (11/12/2022).

“Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sudah lama memiliki kebudayaan yang tinggi. Karena itu, ini bisa menjadi dorongan, motivasi, kepada kita untuk bisa berkarya sebagai bangsa lebih baik,” ungkap Wapres.

Lebih lanjut, Wapres memberikan apresiasi kepada PT Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola kawasan Candi Prambanan yang telah menjaga serta merawat bangunan yang diakui sebagai warisan budaya dunia oleh The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) ini.

“Saya apresiasi bahwa peninggalan masa lalu kita itu bisa terjaga dengan baik. Dan kemudian juga saya lihat bangunan-bangunannya yang sebenarnya sudah hancur bisa direkonstruksi kembali,” ucap Wapres.

Menurut Wapres, adanya pemeliharaan kawasan Candi Prambanan menjadi penanda kepada masyarakat global bahwa Indonesia sudah lama mengenal peradaban dan memiliki budaya yang luhur, sehingga mampu menjadi salah satu warisan budaya yang diakui dunia.

“Ini kita menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia itu sudah lama mengenal peradaban dan memiliki kerja karya yang luar biasa yang menjadi keajaiban [dunia],” imbuh Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Wapres menekankan tingginya toleransi antarumat beragama menjadi penanda kerukunan masyarakat yang sudah sepatutnya untuk dijaga bersama.

“Sekalipun di sekitar ini semua orang (mayoritas) beragama Islam, tapi peninggalan agama Hindu dan Buddha itu tetap dijaga, diperhatikan, bahkan dirawat dengan baik. Itu juga menunjukkan toleransi beragama di Indonesia sangat tinggi, kerukunannya juga dijaga,” ungkapnya.

Menutup keterangannya, Wapres meyakini pariwisata Indonesia, khususnya di Provinsi DIY dan Jawa Tengah akan meningkat, seiring dengan upaya pemeliharaan cagar budaya yang terus dilakukan.

“Dengan adanya Prambanan yang semakin baik, yang semakin terpelihara. Ini pariwisata Jogja ke depan saya kira akan lebih banyak (meningkat),” pungkas Wapres.

Sebagai informasi, Candi Prambanan sedang dalam tahapan pemugaran Candi Perwara Deret I No. 5. Pemugaran yang dilakukan selama 10 bulan, terhitung sejak 21 Februari hingga 22 Desember 2022. Pembangunan ini bertujuan untuk mengembalikan bangunan candi ke dalam bentuk aslinya, serta memperkokoh bangunan agar tahan terhadap gempa.

Turut mendampingi Wapres, Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, Corporate Secretary sekaligus General Manager Candi Prambanan AY Suhartanto, serta Vice President of HSSE PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.