Tekan Angka Pengangguran, Bupati Serang Buka Job Fair

by -391 Views

KABARIBUKOTA.ID – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka event Job Fair yang berlokasi di Kampus Universitas Faletehan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (11/10/2023).

Job Fair itu merupakan kegiatan dari Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang yang masuk dalam rangkaian HUT ke-497 Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, ada sebanyak 35 perusahaan yang dilibatkan dalam Job Fair tersebut. “Ini kegiatan rutin dari Disnakertrans, tapi sekarang kita rangkaikan dengan hari jadi Kabupaten Serang,” katanya.

Ia mengatakan, Job Fair tersebut sebagai upaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Serang. Menurutnya, angka pengangguran di Kabupaten Serang masih tinggi yakni sekitar 10,61 persen.

Dalam Job Fair tersebut, kata Tatu, pihaknya mempertemukan dua pihak antara perusahaan dengan pencari kerja. “Dari sini perusahaan dapat mengetahui skill apa saja yang dimiliki oleh calon tenaga kerja,” ujarnya.

Selain dilakukan secara tatap muka, Job Fair juga dilakukan secara online. Sehingga bagi masyarakat yang ingin mengikuti dapat mengaksesnya secara online. “Ini dibuka untuk umum, tapi saya minta harus ada penghususan untuk warga Kabupaten Serang,” ucapnya.

Di samping itu, pihaknya mendorong ada penyelarasan antara kebutuhan kerja di perusahaan dengan kurikulum di sekolah. Sehingga lulusan sekolah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang Diana A Utami mengatakan, Job Fair berlangsung selama dua hari yakni tanggal 11 Oktober sampai 12 Oktober 2023 dengan kuota maksimal 1.000 orang. “Jadi, hanya 500 pencaker yang datang soalnya kita batasi untuk mencegah supaya tidak ada penumpukan,” katanya.

Diana mengatakan, dalam Job Fair ini menyediakan 2.549 lowongan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh para pencaker. Mulai dari lowongan kerja dalam negeri hingga untuk penempatan di luar negeri. Kemudian untuk posisi operator hingga posisi manajer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.