Tangan Kesemutan Saat Tidur? Ini Penyebabnya

by -123 Views
Ilustrasi/Pexels

KABARIBUKOTA.ID – Sering kali kita merasakan tangan kesemutan saat tidur yang disebabkan oleh tekanan pada saraf. Dengan mengetahui penyebabnya anda dapat menghindari kesemutan yang sangat mengganggu.

Anda dapat mengubah posisi apabila mengalami kesemutan saat tidur, namun segera temui dokter jika terus mengalami mati rasa atau mati rasa tidak membaik saat mengubah posisi.

Dilansir dari laman resmi alodokter penyebab tangan kesemutan saat tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal lain yang tidak semuanya bisa diketahui secara langsung.

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya tangan kesemutan saat tidur, antara lain:

1.Carpal tunnel syndrome
kondisi yang terjadi ketika saraf di pergelangan tangan terhimpit atau tertekan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gerakan berulang yang melibatkan pergelangan tangan, perubahan hormon, dan peradangan pada sendi, Kesemutan yang disebabkan oleh kondisi ini biasanya akan terasa lebih parah di malam hari, bahkan bisa membuat seseorang terbangun dari tidurnya.

2. Neuropati perifer
kerusakan pada sistem saraf perifer, atau sistem saraf tepi, yang dapat terjadi karena komplikasi dari diabetes tidak terkontrol, penyakit autoimun, infeksi, maupun konsumsi alkohol berlebih, Neuropati perifer ditandai dengan beberapa gejala, seperti kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu, maupun nyeri.

3. Kekurangan vitamin B12
Kondisi ini juga dapat menyebabkan tangan kesemutan saat tidur karena vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan sel darah dan saraf, Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga bisa ditandai dengan jantung berdebar, sesak napas, tidak nafsu makan, lemah, letih, lesu, dan sariawan.

4. Menjalani kemoterapi
Orang yang sedang menjalani kemoterapi juga bisa mengalami tangan kesemutan saat tidur. Kondisi ini terjadi ketika saraf tepi mengalami kerusakan sebagai efek samping dari pengobatan kemoterapi.

5. Diabetes
Komplikasi diabetes dapat menyebabkan tangan kesemutan saat tidur karena adanya kerusakan saraf. Beberapa komplikasi diabetes yang bisa menyebabkan terjadinya tangan kesemutan adalah neuropati perifer dan carpal tunnel syndrome.

Cara Menghindari Tangan Kesemutan saat Tidur
• Hindari tidur dengan posisi miring agar tangan tidak tertindih.
• Letakkan tangan di samping badan saat Anda tidur.
• Hindari meletakan tangan di bawah bantal atau kepala saat tidur.
• Gunakan penyangga atau alat khusus untuk membalut pergelangan tangan guna mencegah carpal tunnel syndrome
• Kontrol gula darah dan kondisi kesehatan secara rutin bagi penderita diabetes.
• Konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin B12.

Jika Anda mengalami tangan kesemutan saat tidur yang berkepanjangan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.