Presiden Serahkan Bonus Apresiasi bagi Atlet ASEAN Para Games 2023

by -258 Views
Presiden Jokowi memberikan bonus bagi atlet ASEAN Para Games 2023, Senin (03/07/2023), di Jakarta, Senin (03/07/2023) pagi. (Foto: Humas Setkab/Jay)

KABARIBUKOTA.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi dan bonus kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang telah berhasil meraih juara umum pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. Prosesi penyerahan bonus tersebut dilakukan di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (03/07/2023) pagi.

“Bangsa, negara, dan rakyat sangat bangga dengan Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian yang telah berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games 2023. Ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Sekali lagi, terima kasih,” ucap Presiden.

Dalam ASEAN Para Games 2023 kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 158 medali emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Atas prestasi yang diraih tersebut, pemerintah memberikan bonus total sebesar Rp320,5 miliar dengan ketentuan atlet peraih medali emas mendapatkan Rp525 juta, peraih medali perak Rp315 juta, dan peraih medali perunggu Rp157,5 juta.

Presiden pun meminta para atlet untuk memanfaatkan bonus yang diperoleh untuk investasi jangka panjang.

“Jangan dibelikan barang-barang mewah, belikan barang-barang yang untuk investasi jangka panjang, karena ini duitnya gede banget, emasnya Rp525 juta itu bukan duit kecil, apalagi yang dapat medali sampai banyak seperti yang saya lihat di depan saya tadi. Artinya, perlu betul-betul bonus ini diinvestasikan yang benar dan yang baik,” ujarnya.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan para atlet untuk tetap giat berlatih dan memacu prestasi.

“Terima kasih telah menjadi bukti nyata bahwa kegigihan, bahwa kerja keras dalam mencetak prestasi itu betul-betul inilah mengharumkan nama bangsa dan negara,” tandasnya.

Sebelumnya, Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa, keberhasilan menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2023 menjadikan Indonesia sebagai negara yang berhasil meraih posisi puncak tersebut selama tiga tahun berturut.

“Prestasi ini sesuai target yaitu sebagai juara umum, dan Indonesia 3 kali berturut-turut sebagai juara umum yaitu pada ASEAN Para Games 2012, 2022, dan 2023,” kata Dito.

Dito mengungkapkan, dari 268 orang atlet Indonesia yang berlaga di Kamboja sebanyak 237 orang berhasil meraih medali.

“[Sebanyak] 126 orang atlet meraih medali emas, 91 orang atlet meraih medali perak, 20 orang atlet meraih medali perunggu, dengan rata-rata usia atlet adalah 26 tahun dan 19 persen berusia di bawah 22 tahun,” ujar Dito.

Hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Turut hadir Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Senny Marbun dan Chef de Mission (CdM) ASEAN Para Games 2023 Andi Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.