Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Transformasi Sepak Bola Indonesia

by -24 Views
Presiden Jokowi bersama Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai Peresmian Kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)

KABARIBUKOTA.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi persebakbolaan di tanah air, yang mendapatkan dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

“Kita sudah setahun yang lalu berbicara mengenai transformasi sepak bola Indonesia, dan kita serius, kita berkomitmen untuk memulai. Dan, ini didukung penuh oleh Presiden Gianni dengan kantor FIFA yang ada di Jakarta,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai meresmikan Kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Dukungan dan panduan dari FIFA ini, kata Presiden, juga menandai babak baru persepakbolaan di tanah air.

“Baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, kemudian tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan, semuanya akan diberikan support, diberikan panduan oleh FIFA,” ujar Presiden.

Presiden menambahkan, saat ini Indonesia tengah melakukan sejumlah perbaikan yang signifikan mulai dari dukungan infrastruktur hingga perwasitan.

“Kita sekarang ini urusan perwasitan sudah diperbaiki, urusan infrastruktur stadion, 30 stadion sudah mulai direvitalisasi, sehingga nanti ini beriringan dengan tata kelola dan manajemen yang ada yang didukung oleh FIFA,” tandasnya.

Sementara itu Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa FIFA akan mendukung penuh pengembangan sepak bola di Indonesia, seperti dalam tata kelola hingga pemusatan pelatihan.

“Kami bekerja bersama untuk sepak bola Indonesia, untuk keamanan dalam memerangi pengaturan skor, untuk integritas, dan yang paling penting untuk pengembangan sepak bola pria dan wanita, remaja laki-laki dan perempuan, melalui pusat pelatihan akademi FIFA,” ujar Infantino.

Presiden FIFA menambahkan, Indonesia adalah negara sepak bola yang besar dan sangat penting di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

“Kami benar-benar ingin memberikan dampak yang nyata, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh kawasan, bersama dengan Indonesia,” kata Infantino.

Presiden FIFA mengatakan, kantor FIFA di Jakarta pada tahap awal akan ditempati oleh 20 hingga 30 orang. Ke depan, lanjut Infantino, FIFA berencana untuk mengembangkan kantor tersebut menjadi lebih besar.

“Berada di negara yang sedang berinvestasi untuk masa depan dalam segala hal, merupakan tempat yang tepat bagi FIFA untuk berkolaborasi dan bekerja sama untuk masa depan Indonesia dan seluruh Asia Tenggara,” tandas Presiden FIFA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.