Pesona Pura Besakih: Keajaiban Bali yang Menakjubkan

by -889 Views
Pura Besakih/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Pura Besakih adalah sebuah kompleks pura Hindu yang terletak di lereng Gunung Agung, pulau Bali, Indonesia. Pura ini dianggap sebagai pura paling suci di Bali dan bahkan dianggap sebagai “Pura Agung Besakih” atau “Mother Temple of Besakih.” Sejarah panjang dan keindahan alam sekitarnya menjadikan Pura Besakih sebagai salah satu tempat wisata paling menakjubkan di Bali.

Pura Besakih memiliki sejarah yang kaya dan berakar dalam tradisi Hindu di Bali. Konon, pura ini sudah ada sejak zaman prasejarah, tetapi dokumentasi tertulisnya dimulai pada abad ke-14. Pada saat itu, seorang pertapa Hindu bernama Rsi Markandeya mendirikan pura kecil di sini. Kemudian, pada abad ke-18, Pura Besakih mengalami perluasan dan pengembangan yang signifikan di bawah pemerintahan Raja Dewa Agung Gusti Ketut Karangasem, Pura ini juga berperan penting dalam sistem agama Hindu Bali yang kompleks, dengan struktur hierarki yang menunjukkan pentingnya Pura Besakih dalam kehidupan spiritual Bali.

Baca Juga: Kenangan Menparekraf Tentang Stasiun MRT ASEAN Jakarta

Kompleks Pura Besakih terdiri dari lebih dari 20 pura yang tersebar di sekitar area yang luas. Setiap pura memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda, tetapi semuanya dihiasi dengan arsitektur tradisional Bali yang cantik. Bangunan-bangunan pura ini dihiasi dengan ukiran dan patung-patung yang indah, menciptakan suasana yang penuh spiritualitas.

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai upacara keagamaan Hindu yang diadakan di sini. Suara gamelan yang merdu, tarian sakral, dan upacara persembahan membuat pengunjung merasa terlibat dalam kehidupan rohani Bali yang kaya.

Tidak hanya menjadi tempat ibadah, Pura Besakih juga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam Bali. Dengan latar belakang Gunung Agung yang menjulang, Anda dapat mengambil foto yang luar biasa di sini. Terutama saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan ini menciptakan momen yang tak terlupakan bagi para fotografer dan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.