Pemerintah Optimis, Tahun 2024 Semua Daerah Bebas Malaria

by -652 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Pemerintah optimis target eliminasi malaria yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 akan tercapai. Optimisme ini semakin kuat lantaran jumlah daerah yang bebas dari malaria terus bertambah dari waktu ke waktu.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu menyebut saat ini sudah 381 dari 405 daerah yang berhasil mencapai eliminasi malaria.

”Menurut penilaian kami sudah mendekati, karena target kita di RPJMN 2024 ada 405 kabupaten yang eliminasi, sekarang sudah 381 kabupaten/kota, tinggal sedikit, dengan harapan tahun 2024 bisa lunas,” kata Dirjen Maxi pada peringatan Hari Malaria Sedunia, Kamis (15/6) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Untuk menggapainya, ia menyebut itikad dan komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat itu sendiri dalam memberantas malaria di wilayahnya sangat diperlukan.

Salah satunya dengan mengadopsi praktik baik yang sudah dilakukan oleh 5 provinsi yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali yang telah berhasil mencapai eliminasi malaria.

”Kita lihat sudah 20-an kota/kabupaten yang sudah membaik, saya yakin target di tahun 2024 bisa tercapai. Yang terpenting komitmen kita bersama untuk bisa mengeliminasi malaria,” tegasnya.

Dirjen Maxi menambahkan, dengan Indonesia yang bebas dari malaria akan memberikan dampak baik bagi Indonesia. Menurutnya, semakin banyak daerah yang bebas malaria maka kepercayaan dunia luar terhadap Indonesia semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.