Mudahkan Lansia, Embarkasi Palembang Bentuk Fast Track Layanan Lansia

by -708 Views
Kepala Bidang Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Armet Dachil.

KABARIBUKOTA.ID – Jumlah jemaah lansia Embarkasi/Debarkasi Palembang Sumatera Selatan yang butuh perhatian dan pendampingan khusus rata-rata berjumlah 30-40 jemaah setiap kelompok terbang (kloter).

“Jemaah lansia Sumsel berjumlah 30 persen, dan yang butuh perhatian khusus 30-40 orang setiap kloternya, mereka tidak bisa dibiarkan sendiri, tapi harus didorong menggunakan kursi roda atau digendong,” ujar Kepala Bidang Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Armet Dachil.

“Embarkasi sudah merancang mitigasinya, terlebih prioritas layanan lansia merupakan kebijakan Kementerian Agama pusat dan kita sangat mendukung,” tambah Armet saat ditemui usai penerimaan jemaah haji kloter 6 Debarkasi Palembang yang tiba dari Tanah Suci, Kamis (13/07/2023).

Untuk memberikan kemudahan layanan penerimaan dan keberangkatan jemaah lansia, kata Armet, embarkasi membentuk satuan tugas layanan lansia yang melibatkan instansi lain seperti Kementerian Kesehatan dan personil dari Kementerian Agama yang memiliki kemampuan secara fisik, komunikasi, dan emosi yang direkrut untuk melayani jemaah lansia.

“Selain membentuk satuan tugas tersebut, embarkasi Palembang juga membentuk fast track layanan lansia, layanan fast track kita siapkan untuk lansia,” ujarnya.

Menurutnya, jemaah lansia tinggal duduk manis di kursi, seluruh proses kesehatan dan dokumen, pengurusan living cost didahulukan, mereka tidak lama menunggu untuk layanan penerimaan dan kesehatan.

“Jadi, begitu turun dari bis yang membawanya dari daerah asal, jemaah langsung diangkat dan digendong ke kursi roda, dokumen dan kesehatannya langsung diproses, tas, dan bagasinya langsung diurus petugas fast track tersebut,” terangnya.

“Jadi mereka tidak harus menunggu pemeriksaan kesehatan dan dokumen yang lama, bila ada proses pemeriksaan kesehatan yang menyita waktu lama, kita sudah koordinasi dengan petugas kesehatan agar jemaah ini istirahat dahulu,” tambahnya.

Selain itu, Armet menambahkan, saat keberangkatan dimaksimalkan layanannya hingga sampai bandara. “Kita koordinasikan dengan pihak maskapai Saudia Arabia, kita laporkan jumlah jemaah kursi roda, yang butuh layanan khusus sekian,” katanya.

Total jemaah Debarkasi Palembang sebanyak 7.242 orang tergabung dalam 24 kloter, 3 kloter embarkasi antara Provinsi Bangka Belitung. Mereka hanya transit di bandara lalu pindah pesawat, dan tidak masuk asrama haji Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.