Mudah! Begini Cara Cek BLT El Nino

by -154 Views

KABARIBUKOTA.ID – Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan kepada masyarakat melalui Kementerian Sosial, sedangkan bantuan beras diberikan oleh Badan Pangan Nasional.

Di bulan Desember ini, pemerintah telah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino. Pemberian BLT diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp400.000.

Program bantuan itu berlangsung selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember. Penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Khusus penerima BLT, pemerintah menetapkan penerima BLT ialah Rp18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yakni penerima sembako. Sedangkan, penerima bantuan beras ialah 21,3 juta KPM, yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau penerima bantuan sembako.

Artinya, para penerima bantuan sembako memperoleh kedua bantuan, baik BLT maupun bantuan beras. Program BLT akan diberikan kepada masyarakat melalui Kementerian Sosial, sedangkan program bantuan beras akan diberikan oleh Badan Pangan Nasional.

Penyaluran BLT El Nino 2023 akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. Bagaimana cara masyarakat untuk mengetahui daftar penerima BLT El Nino secara daring? Untuk mengetahuinya, masyarakat perlu mengeceknya melalui cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi cek bansos.

Berikut cara cek bansos BLT El Nino tersebut melalui laman cekbansos.kemensos.go.id:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP).
  • Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru.
  • Setelah itu, klik “cari data”.
  • Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  • Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus “ya”.
  • Bila penerima manfaat belum memiliki “aplikasi cek bansos”. Pilih “buat akun baru” dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor KK, NIK, dan alamat sesuai KTP. Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP.
  • Kemudian klik “buat akun baru”. Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos. Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.
  • Login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.
  • Pilih menu “cek bansos” dan lengkapi data sesuai KTP.
  • Selanjutnya, klik “cari data”. Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.