Menkes Raih Penghargaan CEO Of The Year di IDC Future Enterprise Awards

by -986 Views

KABARIBUKOTA.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin terpilih sebagai CEO of the Year regional Asia-Pasifik dalam ajang Future Enterprise Awards (FEA) 2022. Hal tersebut diumumkan dalam IDC’s Digital Transformation (DX) Summit di Singapura, Kamis (26/10).

Penghargaan ini diberikan kepada Menkes Budi berkat perannya dalam menginisiasi dan memimpin transformasi digital untuk peningkatan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

”Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan dan dorongan bagi kami untuk tidak berhenti berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang responsif, inovatif, dan efisien melalui penerapan berbagai program transformasi kesehatan,” tutur Menkes Budi.

Ajang penghargaan ini merupakan kelanjutan dari FEA 2022 sebelumnya yang digelar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Seluruh pemenang dari berbagai negara tersebut dipilih kembali yang terbaik untuk mewakili masing-masing regional.

FEA 2022 menjadi ajang untuk menampilkan industri dan pemimpin yang berhasil memanfaatkan dan memprioritaskan digitalisasi (digital-first) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dunia yang serba cepat.

”Digital-first merupakan evolusi transformasi digital berikutnya. Melalui FEA 2022, IDC terus berupaya menemukan mereka yang telah menerapkan strategi digital-first dan teknologi dalam meningkatkan daya saing, serta menciptakan keberhasilan melalui inovasi di tengah situasi ketidakpastian,” kata Sandra Ng, Group Vice President and General Manager, IDC Asia Pacific dalam keterangan persnya.

Menkes Budi dinilai sebagai seorang profesional yang dapat memanfaatkan pengalamannya di bidang teknologi informasi dalam mengembangkan sistem dan pelayanan kesehatan menjadi jauh lebih baik melalui enam pilar transformasi kesehatan. Yaitu transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia (SDM) kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Untuk mewujudkan keenam pilar tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memanfaatkan teknologi informasi seperti artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Cloud dan keamanan siber guna menghadirkan layanan kesehatan yang cepat, mudah, presisi dan merata di seluruh wilayah di Indonesia. Aktifitas ini tertuang dalam Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.