Melihat Keindahan Pulau Cubadak Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

by -688 Views
Ilustrasi/Wikipedia

KABARIBUKOTA.ID – Pulau Cubadak, sebuah pulau yang sudah terbalut keindahan yang hakiki, yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan provinsi Sumatra Barat, tepatnya terletak di Kawasan Wisata Mandeh, 40 kilometer di sebelah selatan Padang dan 5 km dari pantai.

Keindahan dan kecantikan yang dimiliki pulau ini sangat luar biasa menakjubkan, pulau ini pun memiliki segalanya sehingga tak heran julukan sebagai surga bahari Indonesia begitu melekat pada Pulau Cubadak ini.

Rasa penasaran ingin merasakan sensasi keindahan wisata Pulau Cubadak begitu besar bagi banyak wisatawan, termasuk dari mancanegara. Yah, kecantikan pulau ini memang sudah tercium ke berbagai negara, apalagi setelah wisatawan asal Jerman, beberapa tahun lalu pernah membuat sebuah film dokumenter tentang segala keindahan Pulau Cubadak. Berawal dari film tersebut, banyak media internasional berdatangan ingin meliput pulau yang posisinya terlindung di teluk ini. Posisi ini pun membuat aman pantai dan pulau ini dari angin yang kencang dan arus deras dari Samudera Hindia.

Karena itulah perairan pulau ini sangat tenang sehingga para pengunjung dapat aman dan nyaman menikmati laut dan pantainya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Ngarai Sianok di Sumatera Barat yang Lembahnya Seperti Green Canyon Yang Penuh Misteri

Pulau Cubadak terletak di Painan, Sumatera Barat dengan memiliki luas wilayah kurang lebih 5.749 km persegi. Pulau ini juga banyak dikelilingi beberapa pulau kecil lainnya, membuat kawasan Pulau Cubadak dianugerahi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Pulau Cubadak yang dulunya terpencil dan hampir tidak tersentuh ini, banyak memiliki keistimewaan yang asyik ditekuni selama mengisi liburan di sini. Pulau yang terletak di Samudera Hindia ini, menjadi pemisah antara pantai barat Sumatra dan kepulauan Mentawai.

Suhu air laut konstan 29 ℃ hingga sejauh 30 meter ke bawah permukaan. Iklim yang sejuk sepanjang tahun memungkinkan wisatawan dapat menyelam atau snorkeling kapan saja. Dikutip dari indonesiatraveler.id.

Tak hanya itu, berbagai aktivitas yang dapat dinikmati seperti berselancar, berlayar, hingga ski air pun juga asyik dilakukan di sini. Ombak lautnya yang tenang, membuat wisatawan merasa nyaman menikmati panorama alam bawah lautnya yang sangat memukau. Keindahan terumbu karangnya yang sangat orisinil serta wara-wiri beraneka ragam ikan-ikan laut nan cantik dan menggemaskan, jadi keasyikan tersendiri yang pantang dilewati.

Secara geologi, dahulu Pulau Cubadak ini adalah kawasan kawah, sehingga kekayaan bawah laut sekitar pulau begitu melimpah. Aneka jenis terumbu karang dan biota laut begitu mudah ditemukan. Sehingga banyak para penyelam dunia datang mengunjungi surga bahari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.