Mau Mendaki Gunung? Ini Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

by -876 Views

KABARIBUKOTA.ID – Berniat mendaki gunung untuk mengisi liburan atau hanya sekedar menghilangkang penat dari hiruk pikuk Ibukota? berikut di bawah ini rekomendasi gunung untuk pendaki pemula.

Gunung merupakan tempat yang cocok untuk bermeditasi dan menyehatkan badan, gunung juga menyajikan panorama yang mampu memikat mata dan hati para pendakinya.

Mulai dari pendaki pemula hingga yang sudah berpengalaman. Nah bagi Anda yang masih pemula, berikut ini daftar gunung yang ramah bagi para pendaki pemula.

1. Gunung Gede, Jawa Barat

Ingin melihat kawah aktif dan bunga abadi di puncak gunung, wajib coba mendaki ke Gunung Gede di Provinsi Jawa Barat. Secara administratif, gunung ini terletak di 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Gunung dengan puncak tertinggi berada pada 2.958 mdpl ini nampak seperti kubah dari kejauhan. Di puncaknya, tumbuh bunga abadi Edelweis yang menjadi incaran bagi para pendaki. Sobat Pesona bisa mulai pendakian dari pos Kebun Raya Cibodas, sebelum melanjutkan perjalanan melalui hutan tropis, mata air dan sumber air panas.

2. Gunung Papandayan

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2665 meter ini selalu direkomendasikan dalam daftar pertama untuk para pendaki pemula.

Gunung Papandayan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Anda akan disuguhkan pemandangan kawah-kawah, hutan yang dipenuhi oleh pohon-pohon mati tanpa daun, Pondok Salada dan Tegal Alun yang dipenuhi bunga Edelweis.

3. Gunung Prau

Gunung Prau yang terkenal memiliki pesona golden sunrise terindah ini cocok bagi para pendaki pemula. Dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, jalur menuju puncak Gunung Prau dikenal mudah bagi para pendaki yang minim pengalaman. Gunung Prau menyajikan pemandangan yang luar biasa di antaranya pemandangan kota Wonosobo, Telaga Sikidang, Bukit Teletubbies dan masih banyak lagi.

4. Gunung Ijen

Gunung yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, ini terkenal dengan fenomena blue fire-nya yang dapat Anda temukan di Kawah Ijen pada dini hari. Para pendaki pemula dapat menikmati pemandangan kawah Ijen yang berada di ketinggian 2.443 meter. Di samping itu, para pendaki juga akan bertemu para pekerja tambang belerang yang begitu kuat memanggul belerang.

5. Gunung Bromo

Gunung yang berada di provinsi Jawa Timur ini terletak di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini menjadi salah satu tujuan wisata populer di Jawa Timur.

Sudahkah gunung-gunung di atas masuk ke dalam daftar hiking-mu? Yang pastinya, sebelum mendaki gunung, pastikan sudah membuat reservasi dengan pihak pengelola setempat dan membawa peralatan lengkap untuk mendaki gunung, ya Sobat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.