Manfaat Konsumsi Buah Nangka bagi Kesehatan Tubuh

by -116 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Buah nangka yang nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah nangka berasal dari nutrisi dan senyawa penting, seperti vitamin A, vitamin C, serat, antioksidan, potasium, dan mangan.

Buah yang termasuk kedalam suku moraceae ini memiliki kulit kasar dan berlekuk-lekuk dengan warna hijau atau kuning, bergantung pada tingkat kematangan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat mengkonsumsi buah nangka:

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan, seperti isoflavon, fitonutrien, lignin, dan saponin pada nangka mampu mencegah kanker.

Sebab, senyawa tersebut berfungsi menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.
Adapun, radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel sehat sehingga memicu kanker.

Meski begitu, efektivitas nangka dalam mencegah kanker masih membutuhkan studi lebih lanjut.

2. Mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Menurut studi yang terbit dalam International Journal of Food Science, nangka memiliki mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Buah, daun, dan kulit kayu nangka memiliki sejumlah sifat menguntungkan. Di antaranya, yaitu antikarsinogenik, antimikroba, antijamur, antiinflamasi, penyembuhan luka, dan efek hipoglikemik.

Efek ini dapat membuat mengonsumsi buah ini membantu menurunkan risiko terserang penyakit dan terhindar dari potensi infeksi berbahaya.

Tak hanya itu, sebagai salah satu makanan sehat, buah nangka kaya akan vitamin C, A, antioksidan, dan sejumlah mineral yang baik untuk memperkuat imun tubuh. Nah, sistem kekebalan yang kuat tentu dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

3. Mencegah kerusakan sel DNA

Lagi-lagi kandungan antioksidan pada buah kuning keemasan ini berperan melindungi sel-sel DNA dalam tubuh.

Kerusakan sel ini akibat radikal bebas yang memicu perubahan sel DNA. Perubahan tersebut bisa memicu penyakit berbahaya, salah satunya kanker.

4. Menyehatkan pencernaan

Menurut studi dalam Nutrition and Functional Foods in Boosting Digestion, Metabolism, and Immune Health, nangka mengandung serat yang lumayan tinggi. Kandungan serat bisa membantu pergerakan usus sehingga BAB pun lancar.

Tak hanya itu, getah nangka yang biasanya mengganggu juga bisa membersihkan saluran usus. Sebab, getah buah ini mengandung serat yang bertugas mengeluarkan racun pada sistem pencernaan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Sebab, kandungan antioksidannya dapat membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dini.

Oleh karena itu, buah ini direkomendasikan terutama untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet (UV), polusi, dan asap kendaraan.

Tak hanya sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen bekerja mengencangkan kulit, mencegah kerutan dan membuat kulit tampak bercahaya.

6. Meningkatkan kesehatan Jantung

Buah nangka juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan potasium, serat, dan antioksidannya dalam nangka.

Sebab, ketiga komponen ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi penumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah ke jantung.

7. Menurunkan risiko peradangan

Makanan kaya vitamin C membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini termasuk juga buah yang satu ini. Penurunan peradangan dapat menghindarkan dari kemungkinan mengidap penyakit kronis.

8. Membantu menurunkan berat badan

Tentu saja bila bersamaan dengan pola diet yang sehat. Walaupun tidak sebanyak makanan lain, misalnya kacang hijau, tapi nangka mengandung serat yang cukup signifikan.

Tak hanya baik untuk pencernaan, keberadaan serat dapat membantu dalam hal mengelola berat badan. Fiber dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan ngemil.

9. Salah satu asupan energi

Nangka merupakan salah satu buah yang menyediakan sumber karbohidrat terbaik. Dalam 100 gramnya mengandung 94 kalori. Ini membuat buah dengan sensasi kesat pada dagingnya tersebut memberikan asupan kenyang dan sumber energi yang baik.

Tak hanya sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen bekerja mengencangkan kulit, mencegah kerutan dan membuat kulit tampak bercahaya.

10. Menyehatkan sistem saraf

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah nangka berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin B kompleks membantu menjaga fungsi saraf yang optimal, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

11. Meningkatkan metabolisme

Kandungan vitamin B kompleks dalam buah nangka membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat membantu tubuh membakar kalori lebih efisien, menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan energi yang cukup.

Itulah sejumlah manfaat mengonsumsi buah nangka bagi kesehatan. Berdasarkan khasiatnya, tidak ada salahnya untuk menjadikan buah ini sebagai salah satu camilan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.