Liburan ke Pulau Samosir? Berikut Deretan Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi

by -512 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Liburan ke Sumatera Utara tidak lengkap jikalau tidak mengunjungi Pulau Samosir yang menyimpan kekayan alam yang indah.

Pulau Samosir merupakan opsi terbaik saat kamu memutuskan untuk berlibur ke Sumatera Utara.

Ada banyak destinasi wisata di Pulau Samosir yang wajib kamu kunjungi ketika sedang main ke sini, mulai dari perbukitan, museum, hingga desa wisata.

Berikut dibawah ini deretan rekomendasi destinasi wisata di Pulau Samosir yang wajib kamu kunjungi:

1. Bukit Holbung
Spot pertama kali yang harus Sobat Pesona datangi adalah Bukit Holbung. Di tempat ini, Sobat Pesona bisa bersantai sejenak menikmati pemandangan epic Danau Toba dari ketinggian sembari merasakan sejuknya udara di sekitarnya.

Selain cantik dan sejuk, Bukit Holbung ini juga memberikan suasana tenang bagi pengunjungnya. Jadi, pas banget kalau Sobat Pesona sedang butuh space untuk sekedar melepas penat.

Untuk bisa menikmati hamparan bukit hijau satu ini, kamu bakal dikenakan biaya parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Ini definisi kalau liburan nggak harus mewah dan mahal, Sob!

2. Pusuk Buhit

Buat Sobat Pesona yang hobi trekking, Pusuk Buhit bisa jadi pilihan terbaik. Tempat ini merupakan salah satu wisata viral di Samosir yang diminati banyak wisatawan lokal maupun asing.

Pusuk Buhit sendiri berada di puncak gunung dengan ketinggian sekitar 1.982 mdpl. Menariknya, tempat ini jadi spot yang dianggap sakral bagi masyarakat Batak di pulau Samosir, karena dipercaya sebagai awal mula peradaban Suku Batak.

Karena kesakralannya, tempat ini dijadikan sebagai lokasi berdoa bagi Suku Batak, khususnya Parmalim. Meski demikian, tempat ini tetap boleh dikunjungi para pelancong yang ingin melihat situasi di sekitarnya sekaligus kecantikan pemandangan Danau Toba dari puncak gunung. Kabarnya sih, aura di sekitar Pusuk Buhit ini terasa magis dan berbeda dengan lokasi lainnya di Pulau Samosir. Sobat Pesona, tertarik mau coba ke sini?

3. Sibea-bea

Siapa bilang kalau mau melihat patung raksasa Christ The Redeemer harus jauh-jauh ke Rio De Janeiro dulu di Brazil? Di Pulau Samosir ini, tepatnya di Bukit Sibea-bea juga ada, loh. Bahkan, patung Yesus yang ada di sini lebih tinggi dari yang ada di Brazil.

Patung ini berada di puncak Bukit Sibea-bea dan sudah dibuka untuk umum sejak 18 Februari 2023. Untuk bisa sampai ke puncak bukit, Sobat Pesona harus melalui jalan yang berkelok untuk menikmati pemandangan super estetik dari Danau Toba.

Selain dijadikan sebagai spot foto yang estetik, Bukit Sibea-bea ini juga merupakan tempat religi bagi umat Kristen di Pulau Samosir. Sobat Pesona bisa temukan banyak rumah doa di sekitar patung tersebut untuk beribadah.

4. Desa Wisata Tomok
Liburan ke Pulau Samosir rasanya kurang lengkap kalau belum melipir ke desa wisatanya. Desa Wisata Tomok jadi salah satu spot wajib di Pulau Samosir yang harus dimampirin sebelum pulang.

Layaknya desa wisata pada umumnya, Desa Tomok ini menawarkan pemandangan pemukiman masyarakat yang masih sangat otentik, loh. Di desa ini, Sobat Pesona masih bisa melihat banyak bangunan tradisional khas Batak yang disebut dengan Rumah Bolon. Selain itu, Sobat Pesona juga wajib banget menyaksikan tarian Tor-tor yang dilakukan masyarakat setempat.

Di Desa Tomok, Sobat Pesona nggak akan kehabisan spot buat dikunjungi. Soalnya, ada beberapa tempat bersejarah dan sakral yang menarik seperti Makam keluarga Raja Sidabutar, Museum Batak, Gereja Tua, dan masih banyak lagi. Sobat Pesona juga bisa melihat Patung Sigale-gale yang katanya bisa digunakan untuk memanggil roh Raja Manggale, loh.

Ada juga benda-benda zaman megalitikum yang bisa kamu temukan di sini seperti patung Gajah Purba, dan lain sebagainya.

5. Danau Sidihoni
Udah pernah denger belum soal danau yang letaknya di atas danau? Itulah Danau Sidihoni. Disebut sebagai danau di atas danau lantaran Danau Sidihoni ini berada di Pulau Samosir. Padahal kan pulau ini sendiri juga ada di tengah-tengah Danau Toba. Unik banget, kan?

Karena fenomena langka ini, makanya Sobat Pesona jangan sampai melewati kesempatan untuk melihat keindahannya. Meski tak sepopuler Danau Toba, namun danau satu ini tetap mampu menyuguhkan kecantikan alam yang nggak main-main.

Menurut cerita masyarakat setempat, lokasi Danau Sidihoni ini tadinya merupakan wilayah hutan dan rawa-rawa. Nah, semenjak danau ini terbentuk, masyarakat setempat menjadikannya sebagai sumber perairan utama ketika Pulau Samosir dilanda kekeringan hebat.

Untuk bersantai menikmati estetika alam di sekitaran Danau Sidihoni ini, Sobat Pesona nggak dikenai biaya apapun alias gratis.

6. Bukit Simarjarunjung
Satu lagi bukit dalam peta wisata Samosir yang nggak boleh terlewatkan saat liburan. Lokasi wisata yang satu ini pas banget buat memandang lanskap Danau Toba secara utuh. Makin kelihatan deh betapa mempesonanya danau tersebut.

Nggak hanya menyuguhkan pemandangan birunya Danau Toba, tapi juga hijaunya hutan pinus seluas 4.000 meter persegi di sini bakal memanjakan matamu, Sobat Pesona. Nah, berbeda dengan Bukit Holbung yang memang menawarkan ketenangan, Bukit Simarjarunjung ini sudah dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi termasuk arena bermain dan spot foto estetik, loh.

Kalau Sobat Pesona ingin lebih lama menikmati suasana yang nyaman dan asri di atas bukit ini, kamu bisa berkemah di area camping ground yang disediakan. Seru banget, kan?

7. Air Terjun Efrata

Sobat Pesona bisa melewati Bukit Holbung untuk sampai ke tempat air terjun ini. Soalnya, lokasi Air Terjun Efrata memang diapit dengan area hutan dan perbukitan yang menambah kesan asri di sekitar air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Efrata ini juga dipercaya sebagai tempat yang suci dan sakral, sehingga kalau kamu ke sini, dilarang berucap sembarangan atau melakukan aktivitas yang tidak baik di area ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.