Libur Nataru, Menkes Imbau Masyarakat Disiplin Prokes dan Lakukan Vaksinasi COVID-19

by -452 Views
Ilustrasi vaksin covid-19

KABARIBUKOTA.ID – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu mengingat penularan COVID-19 dilaporkan kembali meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga Jumat (22/12/2023), terdapat penambahan kasus konfirmasi COVID-19 harian sebanyak 402 orang sehingga jumlah kasus aktif menjadi 2.154 orang, kasus sembuh sebanyak 1.003 orang, dan kasus kematian 6 orang.

“Kalau mau mudik keluar kota, terutama pakai angkutan umum yang padat, apalagi kalau kondisi lagi tidak enak badan, itu lebih baik kita pakai masker,” kata Menkes Budi, Jumat (22/12/2023).

Selain menerapkan protokol kesehatan, Menkes Budi juga mengimbau agar masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19, baik dosis primer maupun booster, sebelum melakukan perjalanan.

“Mumpung sekarang vaksinnya masih ada, cari saja di puskesmas-puskesmas, setidaknya itu bisa mengurangi keparahan dan mempercepat kesembuhan,” kata Menkes Budi.

Lebih lanjut, Menkes menekankan bahwa meski kasus konfirmasi COVID-19 harian cenderung meningkat, tetapi secara keseluruhan masih relatif aman. Kondisi ini, kata Menkes, diharapkan terus terkendali sehingga tidak terjadi lonjakan kasus yang terlalu tinggi.

“Saat ini, relatif aman, belum ada kenaikan yang cukup besar, yang kita lihat di negara tetangga kita terpantau relatif turun. Saya berharap mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama lagi, itu terjadi di kita,” ucap Menkes Budi.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk tidak panik berlebihan. Hal terpenting selalu disiplin prokes di mana pun berada dan segera melakukan tes antigen bila mengalami gejala yang mengarah pada COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.