Kementan Gencarkan Program Regenerasi Petani Melalui Pameran Pertanian di Tanah Laut

by -478 Views

KABARIBUKOTA.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Selain itu Kementan terus mewujudkan regenerasi petani melalui, program YESS, yang dijalankan pada 4 provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan program YESS yang digagas Kementan dan dilaksanakan PPIU di tingkat provinsi menjadi salah satu cara mempercepat regenerasi petani dan mencetak petani milenial.

“Program ini juga bertujuan untuk menghasilkan wirausaha muda pertanian atau petani milenial dengan berbagai kegiatan maupun usaha yang dirintisnya.” kata Dedi.

Penderasan tentang program regenerasi petani muda bidang pertanian ini terus dilakukan untuk dikenalkan dan diketahui oleh khalayak umum, khususnya di wilayah pelaksanaan Program Yess di bumi Kalimantan Selatan.

Kali ini SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan ikut serta dalam pameran di Pasar Rakyat 2023 dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut.

Pameran digelar di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, digelar selama 10 hari, dimulai sejak Jumat. (24/11/2023). PPIU Kalsel yang diwakili oleh tim dari Kabupaten Tanah Laut, ikut serta menampilkan berbagai produk-produk hasil pertanian dari Penerima Manfaat (PM) Program YESS khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.

Pameran yang dibuka langsung oleh PJ Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman yang turut mencoba beberapa produk yang diproduksi oleh para Penerima Manfaat (PM) Program YESS memberikan apresiasi tinggi.

“Program YESS merupakan wadah yang sangat penting bagi para petani untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Produk-produk yang dihasilkan tidak hanya inovatif, tetapi juga menarik dan terjangkau,” ungkap Syamsir Rahman.

Syamsir Rahman menambahkan, produk-produk yang dihasilkan oleh para petani sangat inovatif, menarik, dan terjangkau. Program YESS adalah solusi untuk memberikan mereka platform yang lebih luas.

Project Manager Program YESS PPIU Kalimantan Selatan, Angga Tri Aditia Permana ikut memberikan dukungan terkait kegiatan ini, sebagai upaya mendukung para petani dalam mengembangkan potensi mereka

“Expo atau pameran seperti ini bukan hanya sekedar ajang bisnis matching, namun juga menjadi sarana untuk memperluas networking dan sekaligus mengekspos keberhasilan usaha para petani muda,” ujar Angga.

Sebagai informasi program YESS Kalimantan Selatan turut serta ambil bagian dengan tujuan memperkenalkan beragam produk unggulan hasil produksi para Penerima Manfaat (PM) program tersebut. Produk-produk yang dipamerkan meliputi kopi, jahe merah instan, madu, olahan jamur, beras, jamu tradisional, sayur-sayuran, dan berbagai inovasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.