Kemenag Harap Diplomasi Haji dan Umrah Bermanfaat Bagi Jemaah

by -498 Views

KABARIBUKOTA.ID – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI Hilman Latief mengatakan proses diplomasi khususnya dalam penyelenggaraan haji dan umrah belum memiliki satu konsep yang kuat ketika Kemenag melakukan diplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Meski belum memiliki konsep kuat, Hilman Latief mengatakan kolaborasi Kemenag dengan Kementerian Luar Negeri sudah berjalan dengan baik ditengah aturan yang kerap dikeluarkan pemerintah Arab Saudi.

Hal ini ditegaskan Hilman Latief dalam gelaran Penguatan Diplomasi Dalam Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Tangerang Selatan, Banten.

Kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan meliputi akademisi, birokrat, diplomat dan praktisi haji.

“Sebetulnya Kementerian Agama juga harus melakukan diplomasi di berbagai aspek dalam penyelenggaraan haji dan Alhamdulillah juga dengan Kemenlu kami akan intensif berkolaborasi untuk melakukan perlindungan terhadap jemaah haji,” kata Hilman. Selasa (21/11/2023).

Selain diplomasi persiapan penyelenggaraan haji dan umrah, Kemenag lanjut Hilman juga akan mempersiapkan juga diplomasi ekonomi haji.

Pasalnya banyak peluang yang bisa didapat dalam ekonomi ekosistem haji dengan menjaga kemitraan jangka panjang dengan para pengusaha.

Menurut Hilman banyak kebutuhan saat berada di Arab Saudi dalam melayani jemaah dengan harapan komoditas Indonesia bisa masuk secara optimal sehingga anggaran yang dihabiskan bisa kembali ke Tanah Air.

“Sudah jelas kebutuhan-kebutuhan di sana untuk melayani jemaah itu sangat besar, maka kemudian bagaimana agar bisa komoditas Indonesia itu bisa masuk ke sana secara optimal sehingga spend dengan dana sebesar itu juga bisa kembali ke Tanah Air,” ungkapnya.

Hilman berharap, hasil dari pertemuan Penguatan Diplomasi Haji dan Umrah ini menghasilkan rekomendasi yang nantinya bisa mempermudah layanan jemaah haji kedepan.

“Semua permulaan itu juga pastinya sulit dan ini kita sedang memulai, tapi saya minta kawan-kawan untuk tidak putus asa agar tahun depan bisa memberikan manfaat dari haji ini bisa diterjemahkan dengan baik,”harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin, Para Akademisi dari UMY, UIN Syahid Jakarta, Perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) serta Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) serta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.