Kartika Basuki Dampingi Iriana Jokowi Edukasi Perilaku Hidup Sehat

by -840 Views

KABARIBUKOTA.ID – Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kartika Basuki Hadimuljono bersama pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti acara bermain bersama para siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan dukungan sarana dari Kementerian PUPR.

Kartika Basuki Hadimuljono yang juga menjabat Ketua Bidang 2 Peningkatan Kualitas Kesehatan OASE KIM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi perilaku hidup sehat kepada anak sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan melalui enam langkah cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir.

“Melalui demo gerakan CTPS ini, kami berharap bisa mendidik anak-anak sekolah sedini mungkin agar dapat membiasakan diri cuci tangan dengan benar,” kata Kartika Basuki Hadimuljono.

Setelah memimpin acara demo gerakan CTPS, Ibu Negara melanjutkan kegiatan bermain bersama anak-anak di lapangan Istana Kepresidenan Yogyakarta. Dilanjutkan menamam Pohon Kepel dan penyerahan secara simbolis 1.000 bibit untuk masyarakat serta meninjau mini exhibition hasil pengelolaan sampah Kompos Satu Negeri.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) D.I Yogyakarta, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerkan PUPR Jonny Zainuri Echsan mengatakan pada tahun 2023 terdapat 10 unit sarana CTPS yang dibangun tersebar di sekolah-sekolah di Yogyakarta.

“Untuk kegiatan ini kami mengajak 20 Anak-anak TK di Yogyakarta, harapan kami nantinya dengan semangat dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo bisa menjadi duta kebersihan yang dapat menularkan kebiasaan mencuci tangan dengan enam langkah gerakan,” kata Jonny.

Pembangunan sarana CTPS yang disediakan oleh BPPW D.I Yogyakarta berupa sambungan kran air dan sabun untuk mendukung Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lingkungan sekaolah. Penyediaan sarana CTPS ini juga sejalan dengan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.