Kakorlantas Polri Beri Tips Mudik Aman Lewat Jalur Pantai Selatan

by -890 Views
Ipanema beach and coconut trees in Rio de Janeiro Brazil in summer day with sun and blue sky

KABARIBUKOTA.ID – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023, Korlantas Polri bersama Kemenhub dan instansi terkait melakukan kegiatan peninjauan Jalur Pantai Selatan (Pansela) wilayah Provinsi Banten – Provinsi Jawa Barat – Provinsi Jawa Tengah – Provinsi D.I. Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi membagikan tips kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus mudik Lebaran 2023 lewat jalur pantai selatan (pansela) agar aman selama berkendaraan dan terhindar dari kecelakaan.

“Pertama diatur waktu berangkatnya supaya bisa santai menikmati jalanan jalur pansela, sepanjang perjalanann juga terdapat tempat-tempat singgah, tempat makan, yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, tadi saya lihat SPBU juga sudah lebih banyak di jalur pansela ketimbang tahun lalu, ” ujar Kakorlantas Polri di Jembatan Kretek dua, Kulon Progo, Yogjakarta, Sabtu (21/1).

Firman juga menuturkan kondisi yang prima bagi pengemudi akan membuat konsentrasi fokus, dengan begitu potensi kecelakaan akan terminimalisir.

“Kalau sudah di jalan raya itu tidak boleh lengah, intinya kalau kita berbicara tentang keselamatan di jalan semua tentang dalam kondisi siaga makannya kenapa orang harus sehat kalau sudah di jalan,” ujarnya.

Selain itu, Firman menyarankan agar masyarakat yang akan mudik melalui jalur pansela untuk menggunakan kendaraan roda empat, pengendara juga diminta untuk memeriksakan kondisi kendaraan terlebih dahulu agar layak jalan.

“Imbauan kami bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar bisa tetap dengan gembira melaksanakan mudik, pastikan kendaraan aman digunakan, kami juga mengimbau kalau bisa jangan pakai kendaraan roda dua, tetap menggunakam kendaraan roda empat saat mudik , kendaraan roda dua bisa dititipkan ke truk, angkutan laut, kereta api seperti pada tahun sebelumnya, saran ini lebih pada untuk keselamatan pengemudi” jelas Firman.

Peninjauan jalur pansela hari terakhir dimulai dari Pangandaran menuju Kalipucang, Kawunganten, Cilacap, Karangbolong, Kebumen, Kulonprogo, dan berakhir di Yogjakarta.

Kakorlantas juga melakukan pengecekan di underpas airport internasional Yogjakarta dan jembatan Kretek dua, Yogjakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.