Kakanwil Jabar Ajak PIHK Jadi Payung Teduh Bagi Masyarakat

by -1265 Views

KABARIBUKOTA.ID – Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengajak para Penyelenggara Ibadah Haji Khusus untuk menjadi payung teduh bagi masyarakat.

“Mari kita menjadi payung teduh bagi masyarakat, berikan contoh dengan kesalehan sosial dan jangan sampai terjerat perkara,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Bandung pada Selasa (5/9/2023).

Kesalehan sosial, harap Ajam, dimiliki oleh para penyelenggara dan petugas agar bisa menjadikan penguat keimanan dan ketakwaan kepada Jemaah Haji.

“Ibadah haji tidak hanya untuk kepuasan pribadi dan kelompok, tetapi menjadi penguatan sosial dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” tambahnya.

Hal ini, menurut Ajam, sudah diawali dari petugas yang berjumlah 4.000 orang yang telah melakukan kerja sosial dengan membayarkan dam-nya dibawa ke Tanah Air dan didistribusikan kepada masyarakat serta digunakan juga kepada penanganan stunting. Begitu pula perolehan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh yang digagas penyelenggara dan PPIH, juga telah disalurkan kepada masyarakat.

Di akhir sambutannya, Ajam menyampaikan terima kasih kepada pihak Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) yang telah hadir di Kota Bandung. Ia berharap kegiatan evaluasi ini dapat membawa peningkatan pelayanan haji yang lebih baik, keberkahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Kota Bandung khususnya.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief sendiri mengajak kepada Direktur Komisaris dan Pimpinan PIHK yang hadir untuk bersama-sama melaksanakan evaluasi agar penyelenggaraan ibadah haji tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi.

Dalam laporannya, Kasubdit Perijinan, Akreditasi dan Bina PIHK Rizky Fisa Abadi selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mengevalusi pelaksanaan haji agar kedepannya menjadi lebih baik. “Saat ini kami juga telah menjalankan salah satu program prioritas Kementrian Agama dalam aspek transformasi digital, dengan ini kami berupaya agar layanan terhadap PIHK dapat berjalan dengan efektif dan efisien,” unggahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, Kepala Subdit Pengawasan dan Pemantauan Umrah dan Haji Khusus Mujib Roni, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Jawa Barat Boy Hary Novian, serta para Direktur Pimpinan PIHK dan Asosiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.