Ini Khasiat Timun Rebus bagi Kesehatan Tubuh

by -132 Views
Ilustrasi/Pexels

KABARIBUKOTA.ID – Timun merupakan buah bergizi dengan kandungan tinggi air. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu cara mengolahnya ialah merebusnya. Timun rebus sendiri hidangan yang melibatkan proses perebusan timun dan sedikit garam sampai bertekstur lembut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat timun rebus bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengandung tinggi antioksidan

Timun rebus mengandung antioksidan, yaitu molekul yang berfungsi untuk menghambat atau mencegah oksidasi, suatu reaksi kimia yang membentuk radikal bebas.

Antioksidan bekerja dengan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang dikaitkan dengan berbagai penyakit dan penuaan dini.

Penelitian berjudul Free radicals, antioxidants in disease and health yang terbit pada International Journal of Biomedical Science menemukan, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, paru-paru, dan autoimun.

Selain antioksidan, studi lain menyebutkan, mentimun mengandung flavonoid dan tanin, yaitu dua kelompok senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas berbahaya.

2. Menghidrasi tubuh

Air sangat penting untuk fungsi tubuh dan memainkan banyak peran penting untuk kesehatan. Zat ini terlibat langsung dalam proses seperti pengaturan suhu dan pengangkutan produk limbah serta nutrisi.

Studi berjudul Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population surveys yang terbit pada Nutrients menemukan, mentimun terdiri dari 96 persen air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Meskipun sebagian besar kebutuhan cairan dapat terpenuhi melalui konsumsi air, penelitian menemukan bahwa beberapa orang mendapatkan 40 persen asupannya dari total airnya dalam makanannya.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat ini terjadi karena timun mengandung rendah kalori. Setiap satu cangkir (104 gram) hanya mengandung 16 kalori, sedangkan mentimun seberat 11 ons (300 gram) hanya mengandung 45 kalori.

Artinya, kamu bisa mengonsumsi mentimun rebus tanpa mengkhawatirkan peningkatan kalori yang memicu penambahan berat badan. Tak hanya itu, kandungan tinggi airnya juga dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit potasium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Timun rebus merupakan sumber potasium yang efektif membantu menurunkan tekanan darah. Asupan tersebut bekerja dengan cara mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

5. Mencegah masalah pencernaan

Dehidrasi adalah pemicu utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan mempersulit buang air besar. Dengan mengonsumsi timun rebus, makanan ini dapat membantu mendorong pergerakan usus.

Alasannya karena mentimun mengandung banyak air dan mampu meningkatkan hidrasi. Langkah ini dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit, dan membantu menjaga keteraturan BAB.

6. Mendukung kesehatan kulit

Manfaat timun rebus ini lagi-lagi berasal dari kandungan tinggi air di dalamnya. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga kesehatan kulit.

Tak hanya itu, timun rebus juga kaya akan asam pantotenat atau vitamin B5 yang mampu mengobati jerawat. Dalam satu cangkir irisan mentimun mengandung 5% kebutuhan vitamin B5 harian.

7. Mencegah perkembangan sel kanker

Studi ilmiah berjudul Abstract 612: Fisetin, a dietary flavonoid and novel mTOR inhibitor for treatment and prevention of prostate cancer, yang terbit pada American Association for Cancer Research, menemukan bahwa mentimun dapat membantu melawan kanker.

Tak hanya antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Semua nutrisi tersebut yang berperan dalam melindungi diri dari sel-sel kanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.