Ini 8 Makanan yang Ampuh Bersihkan Darah Kotor

by -104 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Darah memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, mulai dari mengangkut oksigen ke seluruh organ hingga bantu mengatur suhu tubuh. Tak mengherankan kalau sebagian orang mencari cara agar darah mereka tetap terjaga sehat.

Faktanya, beberapa organ tubuh sudah ada yang bertugas untuk membersihkan darah hampir sepanjang waktu. Organ yang berperan dalam detoks darah, yaitu hati, ginjal, dan paru-paru.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (28/10/23), berikut sederet makanan yang ampuh membantu kemampuan organ detoks dalam membersihkan darah, antara lain:

1. Ikan

Ikan jenis tertentu, seperti salmon, tuna, dan sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Omega-3 terbukti mampu turunkan kadar trigliserida darah dan menurunkan tekanan darah, di mana keduanya bisa bantu kinerja hati dan ginjal menjadi lebih baik.

Perlu diketahui, ikan adalah sumber protein tinggi. Sehingga kalau punya penyakit ginjal, kamu perlu membatasi jumlah asupan makanan berprotein tinggi. Karena dapat mempengaruhi organ ginjal untuk bekerja lebih keras.

2. Brokoli

Sayuran silangan seperti brokoli kerap direkomendasikan untuk pengidap penyakit ginjal. Lantaran sayur ini mengandung gizi dan antioksidan yang tinggi, serta sudah terbukti bisa kurangi risiko sejumlah jenis kanker.

Tak hanya brokoli, sayur silangan lain yang dapat dikonsumsi seperti kubis, kembang kol, kubis Brussel. Kamu bisa memakannya mentah, direbus, atau memasukkan dalam hidangan sup.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi serta bisa bantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Karena itu, konsumsi bawang putih bagus untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran dengan daun hijau, seperti selada, bayam, sawi, atau kangkung mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit. Sayuran hijau ini juga bisa meningkatkan enzim dalam hati yang mampu bantu meningkatkan proses detoksifikasi darah.

5. Buah Bit

Buah bit disebut sebagai sumber alami senyawa nitrat dan betalain yang bisa bantu kurangi peradangan kerusakan oksidatif pada organ hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan produksi enzim yang secara alami mendetoksifikasi tubuh.

6. Kunyit

Kunyit dapat bantu melawan peradangan dan meningkatkan fungsi hati. Senyawa kurkumin yang dikandungnya mampu menangkal berbagai masalah dalam tubuh. Jika diolah menjadi susu kunyit, ia bermanfaat dalam menghasilkan sel darah merah, bertindak sebagai tonik kesehatan, dan memberikan nutrisi bagi tubuh.

7. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry dan cranberry dapat menjaga kesehatan hati serta ginjal. Blueberry mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi hati dari kerusakan. Adapun cranberry bisa mencegah bakteri menempel pada saluran kemih sehingga melindungi ginjal dari infeksi.

8. Apel

Gula darah yang tinggi mampu merusak organ ginjal. Adapun apel mengandung serat pektin yang tinggi, di mana serat ini bisa bantu mengatur kadar gula dalam darah. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel maka kesehatan ginjal bisa terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.