Ini 7 Khasiat Cincau Hijau bagi Tubuh

by -157 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Cincau hijau terbuat dari tumbuhan dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman atau makanan tertentu.

Jenis makanan ini biasa ditambahkan ke dalam es cincau hijau atau bubur cincau. Terdapat beberapa jenis cincau yang dikenal saat ini yaitu cincau hijau, cincau hitam, dan cincau minyak.

Masyarakat Indonesia menggemari jenis cincau hijau karena fisik daun cincau hijau (Cyclea barbata) yang tipis dan lemas sehingga lebih mudah dibentuk menjadi gelatin ataupun menjadi agar-agar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet khasiat cincau hijau bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Penelitian berjudul Immunomodulatory Effect A Glycosidic Flavonol Isolated from Green Grass Jelly (Cyclea Barbata Miers) Leaves, yang terbit pada Procedia Chemistry menemukan khasiat flavonoid di dalam cincau hijau.

Menurut studi di atas, kandungan flavonoid di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Kandungan tersebut juga efektif membantu mencegah diare dan sakit maag.

2. Menyeimbangkan gula darah

Penelitian berjudul Effects of grass jelly on glycemic control: hydrocolloids may inhibit gut carbohydrase, yang terbit dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan, cincau dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Namun, menurut studi di atas manfaat tersebut bisa diperoleh jika mengonsumsi bersamaan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Namun, manfaat yang sama tidak terlihat pada karbohidrat sederhana.

Meski efektif menyeimbangkan gula darah, penelitian tentang cincau masih sangat terbatas.

3. Mencegah penyakit malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus Plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk. Dengan mengonsumsi air rebusan akar cincau, senyawa alkaloid di dalamnya mampu mencegah gejala malaria.

Hal tersebut tertuang dalam studi berjudul Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang terbit pada Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.
Studi menerangkan bahwa, alkaloid yang berasal dari tumbuhan merupakan kelompok penting yang menunjukkan beragam aktivitas biologis, khususnya aktivitas antimalaria.

4. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penurunan kepadatan tulang yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah retak atau patah. Ini terjadi ketika proses pembentukan tidak seimbang dengan proses penghancuran tulang.

Nah, manfaat cincau hijau selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Hal ini terjadi berkat kandungan magnesium, fosfor, dan kalium di dalam daun cincau hijau yang membantu regenerasi tulang.

5. Melancarkan pencernaan

Cincau hijau mengandung dua elemen baik yang berguna untuk menunjang sistem kerja pencernaan, yaitu serat dan air. Keduanya secara efektif dapat mendukung fungsi kerja usus yang sehat.

Serat dan air dalam cincau hijau bekerja bersama untuk melembutkan tekstur feses serta meningkatkan pergerakan usus. Dengan kata lain, mengonsumsi cincau hijau dapat mempermudah proses buang air besar.

6. Menurunkan risiko diabetes

Karena kaya akan antioksidan, cincau terbukti melindungi sel beta yang bertugas memproduksi insulin di dalam pankreas. Hal inilah yang pada akhirnya membantu mengontrol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

7. Mengobati demam dan sakit tenggorokan

Manfaat cincau hijau lainnya berkaitan dengan demam dan sakit tenggorokan. Cincau memiliki sifat menyejukkan yang dapat memberikan rasa kenyamanan pada tenggorokan yang meradang. Kandungan serat, mineral, dan antioksidan di dalamnya mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mendukung pemulihan penyakit, termasuk demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.