Ingin Wisata ke Borobudur? Jangan Lupa ke 7 Destinasi Ini

by -126 Views
Desa Wisata Wringin Putih (Foto: Istimewa)

KABARIBUKOTA.ID – Dibangun dengan gaya Mandala, Candi Borobudur merupakan mahakarya yang terdapat di Indonesia tepatnya di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Kamu berencana berliburan atau berwisata ke Borobudur? atau mungkin kamu tinggal tidak terlalu jauh dengan Borobudur? Cobain deh ke 7 rekomendasi tempat wisata di sekitaran Candi Borobudur ini:

1. Borobudur Land Wringin Putih

Lokasi Borobudur Land berada di Dusun Jetis Kayu, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, sekitar 4 kilometer (km) dari Candi Borobudur.

Rute yang ditempuh menuju Borobudur Land bisa menggunakan jalur yang satu arah dengan jalan di depan Candi Borobudur. Karena satu arah ini maka disebut Borobudur Land.

Jika dilihat dari penataan, dan fasilitas yang disediakan, kawasan wisata baru ini mengusung konsep wisata alam dan wisata keluarga yang instagramable, sehingga cocok untuk semua usia.

Wisata Borobudur Land Magelang beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00–17.00 WIB. Untuk masuk ke kawasan Borobudur Land dikenakan tiket masuk seharga Rp40.000,- per orang.

Anak dengan tinggi badan 80cm ke atas sudah dikenakan tiket masuk tersebut. Kemudian, beberapa wahana juga dikenakan biaya terusan, kecuali kolam renang. Harga tiket terusan ke semua wahana mencapai Rp60.000,- per orang, terdiri dari Rainbow Slide, Monorail, Kereta Mini, dan Kursi Terbang. Di lokasi ini juga terdapat banyak spot foto dan selfie, juga bersantai di food court.

2. Sentra Gerabah Desa Karanganyar Borobudur

Tempat lainnya adalah Desa Wisata Karanganyar di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Desa ini merupakan sentra kerajinan gerabah terbaik di Indonesia.

Jika kamu mengunjungi desa ini, bisa melihat langsung pembuatan gerabah dari tanah liat, bahkan kamu bisa juga menjajal sendiri membuat gerabah dengan diajari mentor pengrajin gerabah.

3. Patung Singa di Pertigaan Palbapang

Selanjutnya yang gak kalah menarik, di pertigaan ini ada patung iconic apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Tapi, kamu harus tetap hati-hati ya, karena adanya lalu lalang kendaraan.

Patung Singa merupakan salah satu gerbang masuk di kawasan Borobudur, tepatnya ada di Pertigaan Palbapang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Setidaknya di sana bisa melihat ikon khas kawasan candi.

4. Svargabumi

Svargabumi letaknya hanya satu kilometer dari Candi Borobudur, disini terdapat hamparan sawah yang hijau segar. Di lokasi ini juga banyak spot foto bagus, dengan background hamparan sawah, miniatur gapura candi, hammock, hingga ayunan.

Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000,- per orang untuk dewasa dan Rp15.000,- untuk anak. Tempat ini dibuka pukul 08.00–18.00 WIB pada Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu–Minggu) buka pukul 06.30–18.00 WIB.

5. Watu Putih Borobudur

Lokasinya berada di Dusun Malangan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur. Untuk sampai ke lokasi ini lebih mudah jika berjalan kaki 20-30 menit dari Candi Borobudur.

Sesuai namanya, di sini kamu bisa menemukan batu putih dan ornamen Kepala Buddha dengan berlatar tebing. Jam buka/jam operasional dari Watu Putih Borobudur pada Senin–Jumat, mulai dari pukul 08.00–17.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu–Minggu, mulai dari pukul 07.00–17.30 WIB.

6. Punthuk Setumbu

Nama Punthuk Setumbu pasti sudah tidak asing. Lokasi ini pernah viral saat menjadi latar syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 beberapa tahun silam. Ini merupakan jalur trekking paling digemari para wisatawan karena pemandangan alam yang kece di jalur menuju ke sana.

Lokasinya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur, namun untuk naik ke puncaknya masih butuh waktu sekitar 15-20 menitan lagi, juga dengan berjalan kaki. Cukup melelahkan memang, tapi jangan khawatir begitu sampai di puncak, semua lelahmu terbayar tuntas dengan menyaksikan sunrise yang amat cantik berlatar belakang Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu buka mulai pukul 04.00–17.00 WIB. Harga tiket masuk ke sana sekitar Rp20,000 per orang. Kalau masih belum puas dengan keindahannya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Barede yang lokasinya deket banget dari Punthuk Setumbu.

7. Desa Wisata Wringin Putih

Kamu juga bisa berjalan kaki lebih santai mengunjungi Desa Wisata Wringin Putih yang hanya berjarak kurang lebih 2,3 km dari area Candi Borobudur.

Desa ini akan memperlihatkan pemandangan pedesaan yang asri dan indah dengan latar belakang sawah dan lanskap Bukit Menoreh.

Desa-desa wisata lainnya, seperti Desa Wanurejo, Desa Majaksingi, Desa Tanjungsari, dan Desa Candirejo yang ada di dekat candi juga layak dikunjungi dan mudah ditempuh dengan berjalan kaki. Setiap desa juga menyuguhkan banyak pemandangan menarik yang sayang dilewatkan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.