HUT Ke-52 Korpri, Menteri PANRB Dorong Digitalisasi dalam Birokrasi

by -456 Views
Peringatan HUT ke-52 Korpri, di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: Humas Kementerian PANRB)

KABARIBUKOTA.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menekankan pentingnya digitalisasi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan Menteri PANRB di hadapan para aparatur sipil negara (ASN) yang menghadiri Peringatan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Rabu (29/11/2023), di Jakarta International Velodrome, Jakarta.

“ASN sebagai engine dalam birokrasi harus dapat menyelesaikan masalah yang ada dengan pendekatan yang paling update. Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Digitalisasi dalam layanan pemerintahan sudah merupakan keharusan,” ujar Anas.

Anas mengatakan, perubahan yang saat pesat yang terjadi saat ini karena dua hal besar, yakni perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat terhadap pemerintah. Oleh karena itu, ia berharap Korpri mampu menjawab tantangan tersebut dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN, serta membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat.

Anas menekankan, sebagai mesin birokrasi, kinerja ASN sangat menentukan kinerja pemerintah. Oleh karena itu, kondisi birokrasi harus dipastikan dalam keadaan prima sehingga bisa menggerakkan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

“Untuk memastikan kondisi prima tersebut, dibutuhkan ekosistem yang baik, mulai dari aspek ideologi, budaya kerja, tata kelola kinerja, hingga kesejahteraan. Korpri ke depan harus terus menjadi pengungkit kinerja birokrasi agar berbagai program pembangunan dapat terlaksana dan berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Menteri PANRB kembali menekankan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai pentingnya reformasi birokrasi yang berdampak bagi masyarakat.

“Presiden meminta kita semua bergerak dengan dampak yang nyata dirasakan oleh rakyat,” tandasnya.

Dalam acara yang bertajuk “Korprikan Indonesia” ini dilakukan penyerahan penghargaan Korpri Award 2023 dalam berbagai kategori, penyerahan hadiah Pekan Olahraga Nasional XVI Korpri 2023, dan penyerahan penghargaan kepada Duta Korpri Masa Bakti 2023-2024. Turut hadir dalam acara tersebut Emmanuel Ariananto Waluyo, pegawai Sekretariat Kabinet (Setkab) yang merupakan Duta Korpri dari Kementerian Sekretariat Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.