Harkitnas Ke-115 jadi Momentum Kebangkitan Pascapandemi COVID-19

by -677 Views
Upacara Harkitnas ke-115 di lingkungan lembaga kepresidenan, Senin (22/05/2023), di lapangan Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

KABARIBUKOTA.ID – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 adalah momentum yang tepat untuk membangun bangkit bersama pascapandemi COVID-19.

Harkitnas ke-115 adalah Harkitnas pertama yang diperingati setelah Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengumumkan pencabutan status darurat kesehatan global untuk COVID-19 pada 5 Mei 2023 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (Plt Menkominfo) Mahfud MD dalam amanat upacara Peringatan Harkitnas ke-115, yang dibacakan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama selaku inspektur upacara Harkitnas ke-115 di lingkungan lembaga kepresidenan, Senin (22/05/2023), di Halaman Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

“Ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya bersama membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur karena mampu melalui dan bangkit dari krisis akibat pandemi COVID-19 yang melanda selama tiga tahun terakhir. Keberhasilan tersebut, menurutnya, tidak terlepas dari kolaborasi seluruh komponen bangsa.

“Seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” imbuhnya.

Kebangkitan bangsa Indonesia di tengah krisis dunia, kata Mahfud, juga ditunjukkan melalui kiprah Indonesia di berbagai forum internasional. Di tahun 2022, Indonesia memegang presidensi G20, forum yang beranggotakan 20 negara atau entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Kemudian, di tahun 2023 Indonesia memegang keketuaan ASEAN, wadah kerja sama negara di kawasan Asia Tenggara.

“Mengusung tema ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespons tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,” ujarnya.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia, lanjut Mahfud, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pascapandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Sejalan dengan semangat dr. Soetomo, Mahfud pun mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi bangsa kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” tandasnya.

Upacara peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023 di lingkungan lembaga kepresidenan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan lembaga kepresidenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.