Hadiri Rakornas BAZNAS 2023, Menag RI Paparkan Tiga Isu Penting Tata Kelola Zakat

by -1418 Views

KABARIBUKOTA.ID – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) 2023 yang diselenggarakan pada Rabu (20/9/2023), di Hotel Sultan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Menag Yaqut menyampaikan, setidaknya ada tiga isu yang harus diberikan perhatian khusus dalam menyiapkan tata kelola zakat 20 tahun yang akan datang.

“Pertama, peningkatan fasilitas untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Tujuannya menyiapkan akses publik untuk menunaikan zakat yang merata di seluruh Indonesia,” ujar Menag Yaqut pada Rakornas BAZNAS 2023 yang secara resmi telah dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.

Menag Yaqut melanjutkan, kedua yaitu rancangan besar pemanfaatan dana ZIS untuk pembangunan nasional terutama di bidang agama. Manfaat zakat ini harus berkolaborasi dengan aspek lainnya dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

“Ketiga, menyiapkan tata kelola zakat yang transparan, akuntabel dan profesional. Ke depannya seluruh lembaga zakat harus benar-benar menjalankan tata kelola ZIS ini dengan penuh tanggung jawab dan sama sekali tidak boleh ada penyimpangan,” jelasnya.

Dalam hal ini, Menag Yaqut mengatakan, Kemenag telah melangkah untuk menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 melalui beberapa kajian dan diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Khusus di dalam bidang zakat, kita akan mendorong program pemberdayaan zakat terintegrasi dengan satu sistem agar terukur dan terkoordinir, ibarat sebuah bus, lembaga zakat dengan jumlah lebih dari 600 lembaga perlu arah dan kendali agar seluruh penumpangnya selamat dan sampai tujuan,” ujarnya.

Menag Yaqut menambahkan, meskipun masing-masing penumpang berbeda warna, namun seluruhnya berada dalam tujuan yang sama. Yaitu membangun Indonesia dan meratakan kesejahteraan.

“Bertepatan dengan Rakornas BAZNAS RI, kita harapkan semua mempersiapkan diri menjadi lembaga zakat yang transparan, akuntabel dan profesional,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara Rakornas BAZNAS 2023 Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin, Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Ir. M Nadratuzzaman Hosen, MS, M.Ec, Ph.D, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Saidah Sakwan, MA, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, KH. Achmad Sudrajat, Lc, MA, Deputi I BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta, Deputi II BAZNAS RI, Dr. HM Imadadun Rahmat, M.Si dan Sekretaris Utama BAZNAS RI Dr. Muchlis Muhammad Hanafi, Lc., MA.

Penyelenggaraan Rakornas BAZNAS 2023 didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Midtrans, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Mandiri, Jamkrindo Syariah, Bank Muamalat, ParagonCorp, Antam, dan Logam Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.