Dibalik ‘Run for Your Life’ Peringatan Bulan PRB 2023 Kendari

by -920 Views

KABARIBUKOTA.ID  – Run for Your Life merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Aktivitas olah raga ini akan diselenggarakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada 13 Oktober 2023.

Kompetisi _Run for Your Life_ akan dimulai atau _start_ di masjid Al-Alam di Pantai Kendari pada pukul 05.30 waktu setempat dan selesai di lapangan parkir Taman Kota Kendari. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadikan ajang lari ini sebagai bentuk strategi lain dalam melatih warga untuk memahami rute evakuasi. Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan _Run for Your Life_ ini sebetulnya latihan evakuasi mandiri.

“Ini merupakan Latihan evakuasi mandiri yang dikemas dalam kegiatan _sportainment_,” ujarnya.

Agus menambahkan dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi ancaman bencana.

_Run for Your Life_ dapat membudayaan Latihan kesiapsiagan bencana melalui kegiatan olah raga seperti ini,” tambah Agus Wibowo.

Diselenggarakan tepat di Peringatan Bulan PRB, _Run for your Life_ merupakan institusionalisasi pesan Presiden Joko Widodo pada Global Platform for Disaster Risk Reduction pada 2022 lalu. Presiden saat itu menekankan, perkuat budaya dan kelembagaan siaga bencana antisipatif, responsif, dan adaptif menghadapi bencana.

BNPB memanfaatkan inaRISK dalam menentukan rute yang sesuai untuk langkah evakuasi apabila terjadi bahaya tsunami. Berdasarkan dasbor sistem informasi itu, area sekitar Pantai Kendari atau tepatnya kawasan masjid Al-Alam memiliki tingkat risiko tsunami sedang.

Sedangkan hasil riset kebencanaan beberapa pihak, Kota Kendari sendiri memiliki potensi probabilitas tsunami dengan ketinggian lebih dari 3 meter sebesar 0,2 persen. Pada perhitungan saintifik, tinggi maksimum tsunami dengan periode berulang 100 tahun dapat mencapai 1,4 m, 500 tahun 2,9 tahun dan 2.500 tahun 6,5 m.

Pada acara tersebut, panitia lomba BNPB mengharapkan ada sekitar 300 hingga 400 peserta, mulai dari BNPB, BPBD maupun masyarakat umum. Kegiatan ini terbuka dengan partisipasi inklusif dari semua pihak.

Rute tempuh berjarak 5 km dengan kategori keluarga, pemula, umum dan pelari aktif.

Agus menyampaikan pendaftaran akan ditutup pada esok hari, 11 Oktober 2023, pukul 12.00 WIB. Masyarakat yang tertarik untuk mengikuti _Run for Your Life_ dapat mengakses tautan berikut untuk pendaftaran http://bit.ly/DaftarRFYL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.