Catat! Ini Sederet Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

by -91 Views
Ilustrasi/Pexels

KABARIBUKOTA.ID – Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat utama yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, selain nasi ada sumber karbohidrat lainnya yang tak kalah baik untuk kesehatan tubuh. Contohnya adalah oatmeal.

Oatmeal dibuat dari oat yang dipadukan dengan air atau susu. Oatmeal dinilai mengandung mineral, serat, antioksidan, dan vitamin yang tinggi. Oatmeal cocok dijadikan menu sarapan pengganti nasi.

Dilansir dari Medical News Today dan Healthline, Senin (11//12/23), berikut 10 manfaat oatmeal bagi kesehatan, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Inilah mengapa oatmeal kerap dijadikan menu diet. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal, bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, tetap harus diimbangi dengan olahraga rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Oatmeal mengandung soluble fiber atau serat larut yang bisa mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Serat larut ini, nantinya akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Sehingga menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit akibat kolesterol yang tinggi.
Baca Juga: Dahsyat, Ini Sederet Khasiat Kopi Hijau bagi Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat oatmeal yang ketiga adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Oatmeal mengandung senyawa yang bisa mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol. Inilah yang membuat oatmeal bisa menurunkan risiko penyempitan arteri koroner.

Penyempitan ini arteri koroner menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Itulah mengapa, oatmeal bisa dijadikan sebagai salah satu makanan sehat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Mengonsumsi oatmeal dipercaya bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung avenanthramides, salah satu jenis antioksidan yang memiliki peran dalam memperlambat mutasi sel. Oatmeal juga mengandung vitamin E, selenium, dan seng yang merupakan senyawa anti-karsinogenik.

Tak hanya itu, oatmeal juga kaya akan serat. Serat ini bagus untuk mengurangi resistensi insulin yang menjadi salah satu penyebab dari kanker usus besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi oat setiap harinya selama tiga bulan, tumor dalam tubuh secara signifikan berkurang ukuran dan jumlahnya.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat oatmeal yang selanjutnya yakni mengontrol kadar gula darah untuk tetap stabil. Tak hanya itu juga meningkatkan sensitivitas dari insulin. Terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan, oatmeal mengandung serat beta glucan yang bisa menunda penyerapan gula dalam darah.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi, bisa meningkatkan adanya risiko stroke dan penyakit jantung. Oatmeal mengandung senyawa antioksidan yang bisa meningkatkan produksi oksida nitrat. Oksida nitrat ini berfungsi untuk melebarkan dan melemaskan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi oatmeal bisa membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal, dipercaya bisa mendorong pertumbuhan dari bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Dengan begitu, masalah pencernaan seperti diare, iritasi, dan sembelit bisa teratasi.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat oatmeal lainnya yakni menjaga kesehatan mata. Oatmeal mengandung lutein yang berfungsi untuk mengurangi risiko terkena degenerasi makula dan katarak.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, oatmeal ternyata juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker wajah. Oatmeal berfungsi sebagai eksfoliator, menghilangkan noda hitam, dan mencegah munculnya jerawat.

Tak hanya itu, oatmeal juga baik untuk membantu meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit wajah. Oatmeal kaya akan antioksidan, sehingga bisa melindungi kulit kamu dari radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat oatmeal yang terakhir adalah membantu meningkatkan imunitas tubuh. Oatmeal mengandung beta glucan yang berfungsi untuk menstimulasi sel darah putih, sehingga bisa melawan infeksi dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.