Catat! Ini Manfaat Air Cucian Beras bagi Kesehatan

by -113 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Banyak yang belum tahu manfaat air cucian beras, bahkan sebagian besar orang membuang air cucian beras begitu saja.

Namun, ternyata air cucian beras tersebut memiliki sejumlah banyak manfaat terutama untuk kecantikan dan juga rambut.

Dilansir dari Health Shots, Sabtu (18/11/23), berikut berbagai manfaat air bekas cucian beras untuk wajah dan kulit, antara lain:

1. Membantu Memperlambat Penuaan

Air beras kaya akan asam amino, antioksidan, serta mineral yang bisa membantu dalam mengurangi dan memperlambat proses penuaan kulit.

Mereka juga bisa dalam menghambat aktivitas elastase (enzim atas penuaan kulit). Artinya, manfaat air beras bisa membantu menjaga elastisitas kulit sekaligus mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Lapisan Kulit

Menggunakan air beras di wajah, memungkinkan untuk membantu melindungi kulit secara alami.

Kulit wajah sebagai pelindung kulit, akan mencegah kulit menjadi kering dan rentan terhadap kondisi eksim ataupun dermatitis atopik.

3. Membantu Mencerahkan Kulit

Air beras dipercaya membantu mencerahkan kulit agar terlihat bersih. Tak hanya itu, air ini juga membantu membuat warna kulit merata.

4. Meredakan Kerusakan Kulit Wajah Akibat Sengatan Matahari

Mengoleskan air bekas cucian beras di wajah dipercaya akan membantu mengurangi efek, dari kerusakan akibat sinar matahari yakni seperti kemerahan, terbakar sinar matahari, peradangan, hingga gatal-gatal.

Air beras yang mengandung tepung, berperan dalam memberi efek mendinginkannya, menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, serta mengurangi tanning pada kulit.

5. Membantu Mengurangi Masalah Kulit Berminyak

Bagi kamu yang punya kulit berminyak, kamu bisa membilasnya dengan air beras. Efek astringennya air beras dipercaya bisa membantu mengurangi sifat berminyak, sekaligus melindungi kulit dari timbulnya jerawat.

6. Membantu Menghaluskan Rambut

Rambut rusak dan/atau memiliki porositas tinggi mengalami kesulitan mempertahankan kelembapan, yang dapat menyebabkan rambut kusut dan bercabang.

Namun, protein bergizi yang ditemukan dalam air beras dapat mengatasi hal ini. Dengan cara mengurangi kerusakan sehingga tekstur rambut dapat diperbaiki.

7. Mengurai Rambut yang Kusut

Para pendukung penggunaan air beras untuk rambut mengklaim bahwa air tersebut dapat melembutkan helai rambut, sehingga juga membuatnya lebih mudah diurai.

8. Membantu Pertumbuhan Rambut

Air beras juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, karena mengandung asam amino yang berperan dalam mendukung regenerasi rambut.

Tak hanya itu, air beras juga mengandung vitamin C, B, dan E, yang mendukung pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut.

9. Meningkatkan Kilau Rambut

Menurut bukti anekdotal dari para pendukung air beras, larutan tepung air beras dipercaya bisa membantu memberikan kilau rambut, terutama pada rambut kusam.

10. Membuat Rambut agar Lebih Kuat

Protein yang ada pada air beras dipercaya bisa membantu memperbaiki kondisi rambut. Dalam hal ini, protein merupakan bagian penting dalam menjaga pola makan seimbang, sekaligus juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.