Berikut Jus yang Dapat Turunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

by -246 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Penderita diabetes atau orang yang punya masalah dalam gula darah tinggi wajib menghindari minuman soda, teh manis, atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Selain air putih, ada berbagai pilihan minuman atau jus yang baik juga bisa memberi manfaat agar gula darah dapat turun secara alami tanpa obat-obatan.

Jus buah dan jus sayur adalah minuman yang bisa menurunkan gula darah, sehingga cocok diminum penderita diabetes. Berikut dibawah ini daftar jus yang dapat menurunkan gula darah yang bisa diminum oleh penderita diabetes, antara lain:

1. Jus Tomat

Sebuah uji coba kecil terkontrol secara acak pada tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, dari hasil evaluasi 25 wanita sehat yang 30 menit sebelum makan, meminum sekitar 7 ons jus tomat mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan dibandingkan sebelum dengan minum air biasa.

Dalam hal ini, kandungan serat dalam tomat bisa membantu memperlambat pencernaan. Sehingga, bisa memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi sesudah makan.

2. Jus Sayur/Smoothie Sayuran Hijau

Dilansir dari laman Healthline, smoothie hijau atau jus sayur seperti bayam, kangkung, dan seledri bisa menjadi minuman yang sehat untuk menurunkan gula darah.

Jus sayur ini akan menambahkan serat dan nutrisi tambahan ke dalam makanan, sambil tetap terhidrasi. Kamu juga memadukan jus ini dengan bubuk protein dan sedikit buah agar lebih menyehatkan.

3. Jus Lemon (Lemonade)

Jus limon bebas gula yang dibuat sendiri, merupakan minuman rendah karbohidrat yang menyegarkan. Agar tidak terasa asam, kamu bisa menambahkan perasan lemon dengan es dan pemanis bebas gula seperti stevia (bahan pemanis nol kalori).

4. Jus Jeruk Bali

Jeruk bali tanpa pemanis bisa dijadikan jus untuk menurunkan gula darah, karena memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan kebanyakan jus buah lainnya.

5. Jus Delima

Dilansir dari Health Match yang telah Ditinjau secara medis oleh Dr. Dina Elsalamony, MD, MScPH, jus delima menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, karena mengandung banyak vitamin C, serat, folat, dan potasium dengan indeks glikemik yang rendah.

Tak hanya itu, jus ini juga kaya jenis antioksidan tertentu. Sebuah penelitian melaporkan jus ini bermanfaat dalam mengendalikan diabetes dan beberapa komplikasinya.

6. Jus Wortel

Wortel mengandung beberapa mineral, vitamin, dan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Walaupun wortel juga terasa manis, namun ia bisa membantu mengatur kadar glukosa darah.

Meskipun memiliki indeks glikemik rendah, penting untuk membatasi porsi jus ini Dalam jumlah sedang mengonsumsi jus wortel tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

7. Jus Sayur dan Berry

Jus untuk menurunkan gula darah yang bisa dicoba adalah jus dengan campuran sayuran (sayuran berdaun, mentimun, atau seledri) dengan aneka buah beri yang berbeda.

Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral jus ini juga sisa memberi aroma yang khas. Namun, pastikan kamu mencatat dan menghitung buah beri sebagai bagian dari total karbohidrat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.