Berikut Daftar Amirul Hajj 1444 H/2023

by -416 Views
Rapat persiapan keberangkatan delegasi Amirul Hajj 1444 H

KABARIBUKOTA.ID – Kementerian Agama telah menunjuk sejumlah tokoh yang tergabung dalam Amirul Hajj pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M. Tim ini terdiri atas 13 orang dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai ketuanya, lalu enam perwakilan pemerintah dan enam perwakilan ormas Islam,

Untuk posisi wakil ketua diisi oleh Habib Hilal Al Aidit (PBNU). Sementara Sekretaris Amirul Hajj 1444 H adalah Saad Ibrahim (PP Muhammadiyah).

“Tahun ini, delegasi amirul hajj ada keterwakilan perempuan. Ini bagian dari apresiasi dan afirmasi kami untuk kaum perempuan, karena jemaah haji banyak yang perempuan,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, pada rapat Persiapan Amirul Hajj, dalam rangka kunjungan ke Arab Saudi menjalankan tugas misi Haji Indonesia, di Jakarta, Rabu (8/6/2023).

“Ini momentum menjadikan para ibu bisa menjadi Amirul Hajj,” sambung Menag Yaqut.

Rapat ini dihadiri para Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, jajaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, serta tim Amirul Hajj.

Menag Yaqut minta keterwakilan kaum Ibu menjadi Amirul Hajj ini menjadi tradisi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, kata pria yang akrab disapa Gus Men ini, jemaah haji perempuan dari tahun ke tahun semakin banyak.

“Saya harap, seluruh delegasi Amirul Hajj bisa saling bekerja sama dalam bertugas untuk mengawasi pelaksanaan haji ini. Semoga semua tugas yang diamanahkan dapat dilaksanakan secara maksimal,” tandas Gus Men.

Dirjen PHU, Hilman Latief menyampaikan bahwa Amirul Hajj akan diberangkatkan dari Jakarta menuju Saudi Arabia dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berangka pada 19 Juni untuk bertugas hingga 6 Juli 2023. Sementara gelombang kedua berangkat pada 20 Juni untuk bertugas sampai dan 10 Juli 2023.

“Amirul Hajj akan bertugas selama 18 dan 20 hari. Bertugas membantu mengawasi penyelenggaraan haji sesuai arahan Ketua Delegasi Amirul Hajj Menteri Agama,” kata Hilman Latief.

Berikut nama-nama Amirul Hajj :
1. Amirul Hajj : Menteri Agama Republik Indonesia.
2. Wakil Ketua : Habib Hilal Al Aidit (PBNU).
3. Sekretaris : Saad Ibrahim (PP Muhammadiyah).

4. Anggota :
a. Habib Ali Hasan Bahar (UIN Jakarta),
b. Fadlul Imansyah (BPKH),
c. Alissa Wahid (BKM),
d. Noor Achmad (MUI),

e. Badriyah Fayumi (KUPI),
f. Indah Pertiwi Nataprawira (PP KB PII),
g. Sundoyo (Kementerian Kesehatan),
h. Machendra Setyo Atmaja (PMK),

i. Juri Ardiyantoro (KSP),
j. Novie Rianto Rahardjo (Kementerian Perhubungan)

Tim Sektretariat:
a. Sidik Sisdiyanto (TU Pimpinan),
b. Mariana Ariestyawati (TA Menag),

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.