Banyak Yang Belum Tahu, Berikut 10 Khasiat Konsumsi Cabai Hijau yang Baik bagi Tubuh

by -121 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Tak hanya cabai merah, cabai hijau juga sering digunakan di Indonesia. Mengonsumsi jenis cabai ini memiliki banyak manfaat sehat, termasuk meningkatkan imunitas.

Cabai hijau ada beragam jenis. Di Indonesia jenis yang umum dikonsumsi adalah cabai rawit hijau, cabai hijau keriting, dan cabai hijau besar.

Cabai ini juga mengandung serat makanan yang bantu menyehatkan sistem pencernaan dan antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Dilansir dari Masala Monk, Selasa (31/10/23), berikut sederet khasiat cabai hijau yang bagus bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh dan turunkan berat badan

Kabar baik untuk pelaku diet karena konsumsi cabai hijau dapat meningkatkan metabolisme hingga lebih dari 50 persen. Cabai hijau mengandung capsaicin yang bersifat meningkatkan temperatur tubuh, yang mengarah pada tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

2. Cegah diabetes

Kandungan serat makanan dan capsaicin yang tinggi pada cabai hijau bantu mengatur kadar glukosa darah untuk mencegah diabetes. Konsumsinya dianjurkan setiap hari dengan jumlah 30 gram. Cabai hijau bakal meningkatkan penyerapan gula dalam darah.

3. Memperlambat tanda penuaan

Penelitian menunjukkan vitamin C yang ada pada cabai hijau dapat meningkatkan produksi kolagen, yang pada akhirnya memperlambat tanda-tanda penuaan. Kolagen juga bantu membuat tampilan kulit awet mudah, kenyal, dan glowing.

4. Sumber zat besi alami

Cabai hijau adalah sumber zat besi yang baik untuk penderita anemia. Vitamin C yang ditemukan pada cabai hijau juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C (asam askorbat) membantu menangkap zat besi non-heme dan menyimpannya dalam bentuk yang mudah dipakai oleh tubuh.

5. Redakan flu

Bagi yang sedang alami flu mungkin bisa mencoba rutin konsumsi cabai hijau. Capsaicin di dalamnya bantu meredakan flu dengan cara mengaktifkan selaput lendir di hidung dan mengurangi penyumbatan saluran pernapasan.

6. Kurangi risiko penyakit jantung

Manfaat cabai hijau untuk jantung antara lain mengurangi risiko aterosklerosis. Capsaicin bersifat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Konsumsi cabai hijau juga meningkatkan aktivitas fibrinolitik yang bertanggung jawab mencegah penggumpalan darah, penyebab utama serangan jantung atau stroke.

7. Tingkatkan imunitas

Imunitas tubuh yang bagus diperlukan agar tidak mudah sakit. Salah satu cara meraihnya dengan konsumsi makanan yang tepat, seperti cabai hijau. Jenis cabai ini mengandung vitamin C dan betakaroten yang memang menguatkan sistem imun tubuh.

8. Anti maag

Bagi orang normal, konsumsi cabai hijau meningkatkan pergerakan usus sehingga bersifat anti maag. Namun bagi mereka yang lambungnya sensitif perlu berhati-hati karena bisa muncul rasa tidak nyaman saat makan cabai hijau, apalagi kalau terlalu banyak.

9. Memiliki senyawa antiinflamasi

Manfaat lain dari konsumsi cabai hijau adalah kandungan senyawa antiinflamasi yang dimilikinya. Cabai hijau bersifat menyembuhkan nyeri dan menurunkan toleransi terhadap rasa sakit, terutama bagi lansia yang menderita osteoporosis atau arthritis.

10. Kurangi stress oksidatif

Capsaicin, senyawa antioksidan dalam cabai hijau, memerangi radikal bebas yang pada akhirnya mengurangi stress oksidatif dan mencegah kerusakan sel yang sehat.

Untuk mendapatkan manfaat sehat cabai hijau yang maksimal, kamu perlu menyimpannya di tempat gelap atau sejuk. Sebaiknya cabai hijau juga dibungkus kertas. Hindari paparan panas atau cahaya yang terlalu kuat karena cabai hijau bisa kehilangan potensi vitamin C di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.