Antisipasi Serangan Siber, TNI AL Siapkan SDM Bidang Siber Security

by -735 Views

KABARIBUKOTA.ID – Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan personel dalam membuat mengelola jaringan yang tersambung dengan server, memonitor jaringan, dan juga mengamankan transfer data dalam jaringan tersebut serta memastikan bahwa sistem komputasi berjalan dengan benar dan seefisien mungkin, TNI Angkatan Laut melalui Staf Komunikasi dan Peperangan Elektronika Angkatan Laut (Skomlekal) menggelar Pelatihan Teknis Administrator dan Pengamanan Jaringan TA 2022.

Kegiatan yang diikuti personel Bintara dan Tamtama KRI maupun Satker jajaran Kolinlamil di Jakarta ini dibuka secara resmi oleh oleh Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika (Waaskomlek) Kasal Laksamana Pertama TNI Endarto Pantja Irianto, S.T., M.T., mewakili Askomlek Kasal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr. (Han)., CHRMP., di Disinfolahta Kolinlamil Jakarta, Senin (31/10/2022).

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Waaskomlek Kasal, Askomlek Kasal menjelaskan bahwa administrator jaringan mempunyai tugas yang besar yaitu mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar dan ini sangat dibutuhkan di TNI Angkatan Laut karena banyak terdapat data-data yang sangat penting untuk diamankan.

“Oleh karena itu disamping dibutuhkan kesiapan peralatan yang memadai juga dibutuhkan kemampuan personel pengawak yang profesional sehingga dapat mewujudkan sarana jaringan komputer yang handal dan aman guna mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut,” tutur Askomlek Kasal.

Kegiatan pelatihan ini juga merupakan perwujudan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan agar seluruh prajurit TNI AL membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh memghadapi segala ancaman.

Pada bagian akhir sambutannya Askomlek Kasal berharap kepada para peserta agar bersemangat untuk terus belajar dan harus berani berubah ke arah yang lebih baik sehingga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi organisasi dan diri pribadi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.