7 Fakta Tentang Wakatobi yang Wajib Kamu Tahu

by -391 Views
Ilustrasi/Pixabay

KABARIBUKOTA.ID – Terletak di provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi sudah sangat dikenal dengan surga bawah lautnya yang berhasil mengambil hati para penyelam.

Tidak hanya wisatawan lokal, para pelacong dari belahan penjuru dunia juga mengakuinya dan sudah menjadi destinasi wisata yang sangat digemari bahkan meraih penghargaan internasional.

Warna-warni soft coral yang begitu banyak serta ikan-ikan kecil beraneka jenis, jadi salah satu alasan untuk menikmati bawah laut Wakatobi.

Nama “Wakatobi” sebenarnya diambil dari singkatan empat pulau utamanya, Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi juga ditetapkan Unesco sebagai cagar biosfer bumi ke-8 di Indonesia dan ke-598 di dunia ini.

Berikut dibawah ini 7 Fakta tentang Wakatobi yang wajib kamu tahu:

1. Ketangguhan Suku Bajo di Laut

Penduduk lokal Wakatobi adalah Suku Bajo. Suku ini berada Pulau Wangi, tepatnya di Desa Mola Raya. Suku Bajo terkenal dengan gaya hidup yang menarik dan unik.

Warga Suku Bajo terbiasa hidup dekat laut. Mereka memiliki rumah kayu dengan tiang-tiang yang tertancap di dasar laut. Laut menjadi bagian penting bagi kehidupan Suku Bajo. Kaum pria maupun wanita Suku Bajo sudah biasa mencari ikan di laut walau gelombang tinggi sekalipun.

Suku Bajo terkenal sebagai pengembara di lautan, Sob. Penduduk Suku Bajo bahkan dikenal memiliki kemampuan menyelam tanpa memakai peralatan selam lengkap. Keren banget, kan?

2. Terumbu Karang Nan Cantik

Banyak yang telah membuktikan kalau Wakatobi memiliki area terumbu karang yang sangat indah dan luasnya sampai 118 hektare. Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wakatobi juga memiliki karang atol terpanjang di dunia, dengan panjang 48 kilometer. Jadi nggak heran kalau spesies ikan yang terdapat di Wakatobi sangat berlimpah ruah dan berbagai macam.

Taman Nasional Wakatobi berada di kawasan yang strategis, yaitu di Segi Tiga Karang Dunia (Coral Tri-angle Center). Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis karang di antaranya ada di Wakatobi.

Buat Sobat Pesona yang ingin melihat terumbu karang di Wakatobi, bisa mengunjungi Pulau Tomia, Pulau Wangi-wangi, Pulau Binongko, dan Pulau Hoga.

3. Bertebaran Spot Menyelam

Kekayaan bawah laut kawasan Wakatobi dengan terumbu karang disertai ikan-ikan yang indah menjadikan panorama yang eksotik. Titik menyelam yang bikin penyelam terlena itu bernama Mari Mabuk di Tomia, Wakatobi. Totalnya sekitar 99 spot diving di gugusan kepulauan Wakatobi yang diapit Laut Banda dan Laut Flores ini.

4. Banyak Pantai dan Pulau Cantik

Sobat Pesona, yang akan berkunjung ke Wakatobi wajib tahu bahwa kabupaten ini memiliki banyak pulau. Meskipun diambil dari nama depan empat pulau, Wakatobi nggak hanya memiliki empat pulau itu, Sob.

Wakatobi juga memiliki banyak pulau-pulau lain yang setiap pulaunya memiliki karakteristik atau ciri khasnya sendiri. Seperti Pulau Anano, dengan ciri khas penangkaran penyu yang pantainya memiliki titik-titik tertentu untuk menetaskan penyu. Pulau lainnya yang wajib kamu kunjungi Pulau Molii Sahatu dan Cemara.

5. Kuliner Olahan Hasil Laut

Sobat Pesona yang suka hunting kuliner nggak bakal kecewa kalau datang ke Wakatobi. Wakatobi punya banyak sekali makanan laut yang bervariasi dan lezat tentunya, Sob. Salah satunya, parende. Ini merupakan makanan olahan ikan yang dibumbui dengan kuah asam dan cabai.

Selain itu, Wakatobi juga memiliki banyak makanan khas lainnya seperti kasuami, gule-gule, dan kambalu.

6. Goa Kontamale, Berenang agar Enteng Jodoh

Goa Kontamale merupakan wisata alam yang ada di Jalan Poros Wandoka Lingkar Teekosapi, Pongo, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.

Ada mitos setempat kalau orang yang berenang di telaga itu bakal enteng jodoh. Jadi, Goa ini banyak didatangi kaum muda yang sedang mencari jodoh.

Air telaga di wisata alam yang satu ini sangat jernih dan bersih. Di langit goanya juga memiliki stalagmit yang indah. Masyarakat di Wakatobi menjadikan tempat ini juga sebagai sumber air bersih.

7. Dua Puncak Menawan

Wakatobi, juga memiliki dua dataran tinggi yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menjelajah, yaitu Puncak Kahyangan dan Toliamba.

Sobat Pesona, bisa menikmati pemandangan indah Wakatobi dari Puncak Kahyangan yang ada di Pulau Tomia. Di lokasi ini kamu bisa menikmati sunrise, sunset, dan langit malam bertabur bintang yang sangat indah.

Sedangkan untuk Puncak Toliamba, ada di Pulau Wangi-Wangi, Sob. Tepatnya di Desa Waginopo. Puncak Toliamba nggak jauh dari kota Wangi-Wangi. Ada pemandangan hamparan pepohonan hijau dan juga panorama laut untuk kamu yang ingin duduk santai di puncak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.